Masjid Taqwa Kota Metro Lampung

0 12

Masjid Taqwa Kota Metro

Masjid Taqwa memang layak menjadi tempat wisata di Metro, sebab masjid ini dibagun begitu kokoh. Apalagi pada dua tahun belakangan ini, Masjid Taqwa melakukan renovasi bangunan secara menyeluruh, yang mana dengan renovasi tersebut semakin membuat kokoh terwujudnya masjid tawa sebagai masjid terbesar di Kota Metro. Untuk para pengunjung yang bisa melihat masjid tawa bisa sekaligus menikmati Taman Merdeka Metro atau selekas berbelanja di Pasar Tradisional Kota Metro. Selain itu masyarakat juga bisa berkunjung di Perpusataan Metro yang tidak jauh dari Masjid Taqwa ini.

  

Sejarah Masjid Taqwa Kota Metro

Dulu, dulu sekali tepatnya pada tahun 1936 masjid ini hanyalah sebuah bangunan yang memiliki luas 400 meter persegi. Waktu itu namanya bukan masjid Taqwa melainkan Masjid Agung. Kemudian setelah dibangun oleh masyarakat Kabupaten Lampung Tengah pada 21 Juli 29167 masjid ini berubah nama menjadi Masjid Taqwa dan diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, KH Ahmad Dahlan pada 23 Mei 1969.

Kemegahan Masjid Taqwa Kota Metro

Masjid ini nampak begitu megah, berada disini serasa sedang di Arab, lihat aja bentuk masjid di foto bawah ini. Ternyata, Masjid Taqwa yang kini saya lihat merupakan hasil rehabilitasi total terhadap bangunan Masjid Taqwa yang dilakukan pada bulan Maret 2013 oleh Pemerintah Kota Metro. Ketika hal ini dilakukan semua bangunan masjid dirubuhkan dan hanya menyisakan menara saja.

Tentunya hal ini sempat mengundang kontroversi di tengah masyarakat karena Masjid Taqwa ini merupakan cagar budaya sehingga ketika dilakukan renovasi seharusnya tetap mempertimbangkan nilai – nilai kesejarahan. Setelah dua tahun dipugar kembali pada tangal 9 Mei 2015, Masjid Taqwa diresmikan kembali oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin yang bertepatan pada peresmian acara pembukaan MTQ ke 43.

Source https://www.jelajahsumbar.com https://www.jelajahsumbar.com/masjid-taqwa-kota-metro-lampung/
Comments
Loading...