Masjid Raya Tuatunu, Kota Pangkalpinang

0 9

Masjid Raya Tuatunu

Masjid Raya Tuatunu merupakan masjid terbesar di Provinsi Bangka Belitung yang berada di pinggir jalan raya di Kelurahan Tuatunu, Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang.

Masjid Raya Tuatunu memiliki satu kubah utama tumpang yang besar, dengan empat kubah kecil di atas menara pendek di keempat sudut bangunan. Terpisah di sebelah kanan, dihubungkan oleh selasar, adalah menara masjid dengan tiga dek pandang. Luas keseluruhan selasar adalah 92 meter persegi.

Masjid Raya Tuatunu dibangun di atas tanah seluas 9.920 m2. Lantai dasar utamanya memiliki luas 784 m2, lantai duanya 490 m2 dan teras luarnya seluas 520 m2. Menara Masjid Raya Tuatunu tingginya 47,5 meter, dan jika memiliki stamina cukup anda bisa naik sampai ke puncaknya menapaki serangkaian tangga berputar.

Masjid Raya Tuatunu yang diresmikan pada 20 Maret 2008 ini dilengkapi dengan jaringan internet, bedug digital, dan perangkat suara berkekuatan 3.500 watt. Masjid yang tampaknya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Tuatunu, pernah dikunjungi oleh Presiden SBY pada Juli 2008 ketika menghadiri peringatan Isra’ Mi’raj bersama pejabat dan masyarakat setempat.

Source http://wonderfulbabel.blogspot.com http://wonderfulbabel.blogspot.com/2017/03/masjid-raya-tuatunu-pangkalpinang.html
Comments
Loading...