Masjid Raya Syahabuddin Jadi Tempat Wisata Religi

0 7

Masjid Raya Syahabuddin

Masjid Raya Syahabuddin merupakan salah satu wisata religi masjid tertua di Siak, yang didirikan oleh Sultan ke-12 bernama Sultan Assayyidis Syarif Kasim Abdul Jalil Syaefudin (Sultan Syarif Qasim II), dimulai pada tahun 1927 dan selesai dibangun pada tahun 1935. Syahabuddin sendiri merupakan gabungan bahasa Arab dan Persia Syah (Persia) artinya penguasa dan Al Din (Arab) artinya agama.

Masjid yang berada di Jalan Sultan Ismail di tepi Sungai Siakdi Kota Siak Sri Indrapura, ,berjarak lebih kurang 300 meter dari Istana As Seraya Hasniliyah Siak. Selain untuk tempat ibadah umat muslim, masjid ini sering dijadikan tempat wisata religi. Tampak dari dalam masjid berwarna kuning khas Melayu ini terlihat mewah dengan delapan tiang besar, lampu gantung yang mewah dan ukiran kaligrafi dari kuningan yang jarang kita temui. Masjid Raya Syahabuddin hanya dapat menampung jemaah sekitar 100 orang di dalamnya. Di sebelah masjid terdapat makam pahlawan nasional Sultan Syarif Kasim II beserta keluarga yang sering didatangi oleh peziarah dari dalam dan luar Siak.

Source https://monitorriau.com https://monitorriau.com/news/detail/3542/ini-alasan-masjid-raya-syahabuddin-jadi-tempat-wisata-religi
Comments
Loading...