Masjid Raya Sulawesi Selatan, Destinasi Wisata Baru di Makasar

0 169

Masjid Raya Sulawesi Selatan

Masjid Raya Sulawesi Selatan merupakan destinasi wisata baru di tahun 2019. Destinasi wisata religi bagi masyarakat Makasar tersebut menghabiskan dana ABPD sekitar 170 milyard Rupiah tersebut akan selesai dan bisa dinikmati di tahun 2019. Masjid ini mempunyai keuninikan tersendiri dibandingkan dengan masjid yang ada di Indonesia selama ini. Dibangun di lahan seluas 72 x 45 meter, bangunan ini mempunyai kubah 99 dan warna corak oranye mendominasi kubah-kubah tersebut.

Sang Arsitek Tokoh Terkenal

Ridwad Kamil yang saat ini menjabat Gubenur Jawa Barat merupakan sang arsitek Masjid Raya  Sulawesi Selatan tersebut. Ditahun 2016 saat sang arsitek masih menjabat menjadi wali Kota Bandung, Emil sapaan akrab Ridwan Kamil diminta oleh Gubenur Sulawasi Selatan Syahrul Yasin untuk membuat Masjid yang menjadi ikon masyarakat Makasar. berlatar belakang S1 teknik Arsitektur ITB juga Master of Urban Design University of California, Berkeley, Kang Emil pun menyetujuinya dengan memberi beberapa desain salah satunya yaitu bangunan Masjid dengan Kubah 99.

Makna Kubah 99

Masjid Raya Sulawesi Selatan dengan kubah 99 mengandung makna yaitu Asmaul Husna, kalau dilihat dari kejahuan banyaknya Kubah hampir mirip dengan Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Tempat Wisata Baru

Dengan dibangunnya masjid kubah 99 tersebut diharapkan akan menjadi wisata religi, kita bisa melaksanakan ibadah Sholad di masjid nan megah dan anggun ini, bahkan wisatawan yang datang ke pantai losari bisa menyaksikan keindahan masjid yang berada di pinggir pantai tersebut apalagi saat malam hari dengan penerangan lampu yang menyinari kubah-kubah tersebut, tentunya akan semakin cantik. Selain keindahannya di sini kita bisa menikmati wisata kuliner yang khas dari makasar antara lain.

  • pallu butung
  • jajanan pisang epek
  • es pisang ijo
  • menu sop konro dan
  • coto makassar.

Bisa menampung 13 Ribu Jamaah

Dengan selesainya permbangunan masjid Raya Sulawesi Selatan ini nantinya akan menampung sekitar 13 ribu jamaah yang akan melaksanakan sholat di masjit tersebut.

Lokasi

Lokasi masjid raya ini berada dekat dengan pantai Losari makasar yang terkenal akan wisata alam dan kulinernya

Source https://wisatakeluargaku.com https://wisatakeluargaku.com/masjid-raya-sulawesi-selatan-wisata-baru/
Comments
Loading...