Masjid Raya Suada : Tempat Wisata Religi di Mamuju

0 38

Masjid Raya Suada Mamuju

Pusat kota Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, bangunan pertama yang memesona saya adalah Masjid Agung Suada. Arsitektur masjid yang selesai dibangun dan mulai digunakan pada 2009 ini begitu unik. Warna dinding masjid begitu semarak. Empat menara berdiri menjulang 75 meter ke langit, tampak seperti menara kastil di film-film fantasi. Tujuh kubahnya bercorak seperti jalinan janur ketupat yang merepresentasikan 7 lapis langit. Di bawah kubah induk tertera nama 25 nabi dan rasul yang erbuat dari kaca patri. Masjid ini dapat menampung 3.000 jamaah.

Keinginan untuk salat di sana segera tertancap di benak. Malamnya, dari penginapan di Jalan Emmy Saelan, saya berjalan 100 meter ke masjid di Jalan K.H. Abdul Ahadi itu untuk salat tarawih. Ruangan masjid berlantai 2 itu begitu megah. Lantai 1 digunakan untuk berbagai fasilitas pendukung, di antaranya perpustakaan, Taman Pendidikan Al-Quran, tempat wudhu, dan tempat pelaksanaan acara keagamaan. Lantai 2 difungsikan sebagai tempat salat. Lantai 1 dan lantai 2 dihubungkan oleh 2 tangga memutar yang berada di sisi kanan dan kiri masjid.

Hotel d’Maleo sendiri berada di bibir Pantai Manakarra. Di dekat situ ada Anjungan Pantai Manakarra di mana terdapat Gong Perdamaian Nusantara. Anjungan yang berada di pinggir Jalan Yos Sudarso ini menjadi lokasi favorit masyarakat Mamuju untuk tempat kumpul dan kongkow. Sedangkan di Jalan Emmy Saelan yang berada di sebelah timur masjid berdiri banyak hotel. Di antara sekian masjid megah yang terletak di tiap provinsi yang saya pernah kunjungi, Masjid Agung Suada Mamuju merupakan salah satu masjid terindah yang pernah saya lihat. Semoga suatu saat saya bisa kembali ke Mamuju dan salat di masjid ini lagi.

Source http://billyantoro.com http://billyantoro.com/?p=1856
Comments
Loading...