Masjid Permen Dengan Arsitektur Unik di Yogyakarta

0 34

Masjid An Nurumiatau dikenal sebagai Masjid Kremlin. Tak banyak orang luar Yogyakarta yang tahu, jika di propinsi tersebut ada Masjid An Nurumi yang arsitektur bangunannya menyerupai ikon kota Moskow. Masjid ini terletak di Jalan Solo Km 15, Candisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Terletak di di pinggir jalan raya, masjid ini tampak mencolok berkat kubah-kubah yang berwarna-warni.

Masjid ini memiliki kubah berwarna-warni yang didominasi warna kuning, biru, hijau dan merah, layaknya Katedral Santo Basil yang berada di sekitar benteng Kremlin di Moskow, Rusia. Inilah kemudian yang menjadi sebab mengapa masyarakat menjuluki masjid ini sebagai Masjid Permen. Bentuk yang menarik serta warna yang mencolok membuat masjid ini mudah dikenali. Namun tak jarang, ada orang yang salah mengira bahwa masjid ini merupakan arena bermain atau pertokoan. Terutama karena plang nama masjid terletak agak jauh dari pagar depan.

Masjid ini didirikan tahun 2005 dan penggunaannya diresmikan langsung oleh Sultan Hamengkubuwono X. Arsitektur bergaya Rusia ini membuat masjid ini banyak dikunjungi orang untuk melihat keunikan di dalamnya. Di bagian dalam masjid ini terdapat tulisan ayat suci Al Qur’an dengan warna-warna terang, memberikan nuansa yang berbeda. Tidak hanya sebagai tempat beribadah, masjid ini juga menjadi tujuan setiap orang yang penasaran. Masjid ini memang ukurannya tak terlalu besar. Walaupun begitu ia telah banyak berjasa memberikan keteduhan bagi para pengendara yang ingin beristirahat sejenak dan menjalankan ibadah sebelum melanjutkan perjalanan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/yogyakarta/masjid-permen-dengan-arsitektur-unik-di-yogyakarta.html
Comments
Loading...