Masjid Jami Sultan Nata Warisan Kesultanan Sintang

0 34

Di provinsi Kalimantan Barat terdapat sebuah bangunan masjid yang merupakan peninggalan sejarah.masjid tersebut berada di sebelah barat Istana Al Mukarromah Kesultanan Sintang. Tepatnya lokasi masjid ini berada di Jalan Bintara No. 22 Limgkungan 1 RT 02 RW 01 Kelurahan Kapuas Kiri HILIR, Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Masjid ini bernama masjid Jami Sultan Nata.

Masjid Jami Sultan Nata mulai dibangun pada tanggal 12 Muharram 1883 Hijriyyah atau pada tanggal 10 Mei 1672 Masehi. Saat pembangunan masjid ini bertepatan dengan penobatan Sultan Nata yang diangkat sebagai seorang Raja. Pada saat penobatan Sultan Nata, beliau masih muda yaitu masih berusia sepuluh tahun. Ketika itu juga beliau mendapatkan gelar dengan nama Sultan Nata Muhammad Syamsudin Sa’adul Khairiwaddin. Beliau juga merupakan seorang Raja ke 3 dalam sejarah Kerajaan Sintang di Kalimantan Barat.

Ciri khas dari masjid Jami Sultan Nata yaitu seperti rumah panggung khas pesisir sungai dengan keseluruhan bangunan masjid terbuat dari kayu. Jika pengunjung memasuki masjid Jami Sultan Nata maka akan menemukan susukan penghulu atau Menteri Agama Kerajaan Sintang dari masa ke masa yang berada di dalam masjid serta sebuah buku yang berisi tentang sejarah berdirinya masjid ini.

Source https://kontraktorkubahmasjid.com https://kontraktorkubahmasjid.com/masjid-jami-sultan-nata-warisan-kesultanan-sintang/
Comments
Loading...