Masjid Islamic Center Hidayatur Rahma Nunukan

0 94

Masjid Islamic Center Hidayatur Rahma Nunukan

Salah satu masjid yang sangat indah dan menjulang tinggi diantara pohon pohon bakau yang ada di tepian pantai Nunukan ialah masjid Ismalic Center Nunukan. Nama resmi masjid ini ialah masjid Islamic Center Hidayatur Rahma. Masjid ini juga resmi digunakan di hari senin tanggal 30 november tahun 2015.

Lokasi keberadaan Masjid Islamic Center Hidayatur Rahma ialah di Jalan Sungai Jepun, pada Kelurahan Mansapa, Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan Kalimantan Utara. Posisi masjid ini memang tepat berada di depan kantor bupati Nunukan.

Selain itu, Kabupaten Nunukan juga termasuk kabupaten paling utara yang ada di Kalimantan Utara sekaligus telah berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Perbatasan darat antara Indonesia dengan Malaysia telah membentang di pulau Kalimantan dengan pulau sebatik. Sementara untuk perbatasan peraiannya berada di sebelah utara dari wilayah Nunukan. Keadaan geografis serta politis Nunukan sekaligus sebagai ibukota diKabupaten Nunukan telah menjadikan pulau Nunukan ini sebagai gerbang utama dalam perlintasan RI-Malaysia pada wilayah Kalimantan Utara.

Pembangunan Masjid ini juga salah satu cita-cita dari pembentukan Forum Umat Islam di Kabupaten Nunukan. Idenya juga berasal dari mantan Sekretaris daerah di Nunukan, yakni H Zainuddin HZ serta mantan kepala Kantor pada Kementerian Agama yang ada di Kabupaten Nunukan, bernama Drs Haji Abu Ubaedah ketika itu telah meminta FUI di Nunukan agar mengajukan proposal pembangunan masjid Islamic center Kabupaten Nunukan. Dari tahun 2009, pihak FUI memang sudah mengajukan proposal sampai beberapa kali. Akan tetapi karena terbentur adanya proses pembe-basan lahan, maka baru tahun 2013 proposal yang diajukan tersebut telah disetujui.

Bangunan masjid ini memiliki satu kubah induk dengan 4 menara pendampingnya. Pada setiap menara juga dibuat kubah kecil yang dipasang dibagian puncak masing masing menara. Kubah kecil pada setiap menaranya juga diberi warna yang senada dengan kubah induknya. Jika anda mengamati kubah induknya, mungkin kubah ini seperti kubah beton. Terlihat sangat kokoh kubah induknya yang menjadikan bangunan kubah dengan masjid tampak sangat serasi.

Source https://kontraktorkubahmasjid.com https://kontraktorkubahmasjid.com/islamic-center-nunukan-kaltara/
Comments
Loading...