Masjid Baitul Musyahadah Banda Aceh

0 40

Masjid Baitul Musyahadah Banda Aceh

Salah satu dari wisata religi yang ada di aceh yaitu berupa mesjid, dimana mesjid tersebut bernama Masjid Baitul Musyahdah yang terletak di Jl. Teuku Umar, Geuceu Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Provinsi Daerah Istimewah Aceh, Indonesia. Masjid ini tidak kalah dengan indah dengan Masjid Raya Baiturrahman yang ada di kota yang sama dengan masjid ini.
Masjid Baitul Masyahadah dibangun secara swadaya pada tahun 1989 M. Awalnya masjid tersebut bernama masjid Al-Ikhlas. Perencanaan pembangunan dan ide arsitekturnya dilakukan oleh Prof. Ali Hasjmy, beliau merupakan cendekiawan terkemuka di kota Aceh. Kemudian pada tahun 1993 Masjid ini diubah namanya menjadi Masjid Baitul Musyahadah dan diresmikan langsung oleh Gubernur Aceh yaitu Syamsuddin Mahmud yang didampingi oleh KH Zainuddin MZ.
 
Yang menjadi daya tarik masjid ini adalah keindahan arsitekturnya juga pada keunikan kubahnya yang berbentuk topi khas Aceh yang bernama meukeutop. Tak mengherankan jika masjid ini dijuluki masjid meukeutop. Kupiah meukeutop itu sendiri memiliki filosofi yang begitu mendalam bagi masyarakat Aceh dikerenakan warna warninya yang merupakan perlambangan unsur islam, adat istiadat dan qanun (peraturan daerah).
Selain kubah utama, kupiah juga terdapat diatas gerbang masjid dan juga dekat dengan mimbar. Ornamen khas Aceh juga tampak pada pintu besi sekeliling masjiddan dinding-dinding masjidnya. Masjid ini berbentuk segi lima, yang menjadi simbol rukun islam yang juga berjumlah lima. Untuk pemilihan kupiah meukeutop didasarkan keinginan mengabdikan semangat perjuangan dari Teuku Umar.
Ada banyak pemandangan yang menarik dari sisi interior masjid ini. Misalkan dibagian mihrabnyayang tampak eksotik dengan latar cat berwarna hijau dengan dihiasi tulisan “Allah”dalam bahasa Aab berukuran besar yang menambah  nilai kekhusyukan jamaah. Dari segi arsitektur, Masjid Baitul Musyahadah dibangun dua lantai yang ditopang dengan puluhan tiang besar dan kokoh. Bila dilihat dari luar, masjid yang berdiri dilahan sekitar 3 Ha ini memiliki beberapa fasilitas. Seperti tempat whudu laki-laki dan perempuan,lahan parkir yang luas dan beberapa fasilitas mesjid pada umumnya.
Source https://anekawisatanusantara.blogspot.com https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2016/06/wisata-religi-masjid-baitul-musyahadah.html
Comments
Loading...