Masjid Baitul Makmur Tanjung Uban, Masjid Eksotis Bernuansa Colorfull

0 51

Masjid Baitul Makmur

Masjid ini terletak di Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk menuju ke Masjid Baitul Makmur Tanjung Uban ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak 80 kilometer jika dari Tanjung Pinang. Perjalanan tersebut setidaknya memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan mobil atau motor. Jika pengunjung berasal dari Batam, maka bisa menggunakan transportasi laut kapal feri atau speed boat dari Pelabuhan Telaga Punggur. Perjalanan dengan menggunakan speed boat ini jauh lebih cepat, hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit saja untuk sampai di Tanjung Uban. Dari Pelabuhan Tanjung Uban, wisatawan pun tinggal melanjutkan perjalanan sejauh 2 kilometer untuk sampai di masjid.

Pesona Masjid Baitul Makmur

Masjid ini dibangun pada lahan seluas 1,6 hektar yang merupakan tanah wakaf dari masyarakat setempat. Pembangunannya sendiri dimulai pada tahun 2008, dan masjid mulai digunakan pada tahun 2012 meskipun proses pembangunan belum selesai sepenuhnya. Masjid ini diperkirakan mampu menampung hingga 3.000 jemaah pada ruang utama, serta 6.000 jemaah dengan halaman masjid. Masjid Baitul Makmur Tanjung Uban mengadopsi gaya arsitektur modern yang digabungkan dengan arsitektur tradisional.

Fasilitas Masjid Baitul Makmur

Fasilitas yang terdapat di Masjid Baitul Makmur Tanjung Uban ini juga tergolong cukup lengkap. Pada ruangan utama beribadah, telah dilengkapi sound system, serta kipas angin demi memberikan kenyamanan terhadap para jemaah ketika melakukan ibadah sholat. Selain itu, di masjid ini juga dilengkapi 100 keran air wudhu, dan 12 toilet. Tak hanya itu, masjid juga memiliki ruang sekertariat, sarana untuk melangsungkan pernikahan, ruang pendidikan, ruang imam, TPQ, serta ruang pemulasaran jenazah. Tersedia pula tempat penitipan alas kaki yang mampu menampung hingga ribuan, serta tempat parkir yang cukup luas dan mampu menampung 750 motor dan 150 mobil yang dilengkapi dengan beberapa penjaga.   Disekitar masjid pun telah dibangun taman yang luasnya mencapai 4.000 meter persegi.

Keindahan di Masjid Baitul Makmur Tanjung

Ketika kamu berkunjung ke masjid ini, kamu akan disuguhi dengan sebuah masjid yang cantik serta sangat berbeda dengan masjid-masjid lain pada umumnya. Setelah beribadah kamu bisa berkeliling menikmati setiap sudut masjid yang berdiri megah di Tanjung Uban ini. Mulai dari eksterior berornamen warna warni, 5 kubah yang menggambarkan rukun Islam, serta halaman bernuasan colorfull yang nampak cantik. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat kedalam masjid untuk menikmati keindahan kaligrafi yang menghiasi bangunan ini. Terdapat berbagai ukiran dari kayu jati, serta kaligrafi berwarna emas yang menambah keindahan masjid ini. Pada mihrab, dan dinding kiblat juga berhiaskan kaligrafi arab. Didalam masjid kamu bisa menemukan jam antik, serta lampu hias nan unik.

Daya Tarik Masjid Baitul Makmur Tanjung

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, maka masjid ini bisa menjadi tujuanmu berikutnya dalam memotret. Kamu bisa mengabadikan keindahan arsitektur masjid, yang nampak cantik serta unik berhiaskan ornamen warna-warni. Jika ingin mendapatkan view yang lebih indah, kamu bisa memotret dengan menggunakan drone dari udara. Banyak pula pengunjung yang menyempatkan diri untuk berselfie berlatarkan keindahan masjid, usai menunaikan ibadah sholat. Salah satu spot yang menarik tentu adalah halaman yang berhiaskan warna warni cat. Spot ini menjadi favorit pengunjung untuk berfoto selfie, dan tentunya sangat unik dan instagramable. Tempat ini cocok bagi kamu yang suka upload foto di media sosial.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Masjid-Baitul-Makmur-Tanjung-Uban
Comments
Loading...