Masjid Alfatih Al Anshar, Kota Makassar

0 21

Masjid Alfatih Al Anshar

Masjid Alfatih Al Anshar merupakan salah satu rumah ibadah yang memiliki arsitektur unik di Kota Makassar di Jalan Paccinang Raya No. 58-60. Bagaimana tidak, replika kakbah yang berada di sisi masjid tersebut mampu memikat setiap mata yang melewatinya.

Replika kakbah yang melekat di dinding sisi timur masjid tersebut memiliki lebar 7 senti dan tinggi 12 meter dilengkapi dengan hajar aswat di bagian sudutnya.

  

Saat memasuki masjid, mata pengunjung kembali dimanjakan oleh arsitektur yang tak kalah unik. Di mana terdapat 12 kaligrafi dan sembilan pilar yang memiliki makna bahwa Ramadan merupakan bulan kesembilan dalam kalender hijriah.

“Kita memakai konsep alam semesta, batu besar berlafas Allah ini diibaratkan sebagai bumi, dan bentuk seperti telur yang ada di dekat mimbar ini memiliki makna ‘malebu tello’, artinya dalam menyembah Allah kita harus memiliki tekad yang bulat,” ungkap pendiri Masjid Alfatih Al Anshar, Mustamin Anshar pada Minggu.

Dia melanjutkan, setiap hal yang terdapat di masjid tersebut mengandung filosofi. Seperti replika kakbah yang berada di depan, tingginya yang mencapai 12 meter bukanlah sekedar angka, namun angka 12 itu memiliki makna 6 rukun iman, 5 rukun islam dan 1 tujuan yakni Allah semata. Ide pembuatan masjid unik tersebut berawal dari kecintaan seorang konsultan keuangan pajak, Mustamin Anshar.

Ia kemudian meminta kepada anak bungsunya, Muhammad Akbar yang berprofesi sebagai arsitek untuk mendesain masjid itu. Tak butuh waktu lama, Masjid Alfatih Al Anshar pun selesai dan diresmikan pada tahun 2015 lalu. “Di sini jumlah pintu ada 17, dan setiap pintunya mewakili jumlah rakaat dari shalat 5 waktu. Sementara, untuk di lantai atas, kita punya pohon kehidupan yang setiap daunnya mengandung Asmaul Husna,” ungkapnya.

Source http://ramadan.rakyatku.com http://ramadan.rakyatku.com/read/51451/2017/06/04/alfatih-al-anshar-masjid-dengan-konsep-alam-semesta
Comments
Loading...