Masjid Agung Pondok Tinggi, Masjid Tertua di Kerinci

0 24

Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid Agung Pondok Tinggi ini menjadi saksi bisu berkembangnya agama Islam di tanah Kerinci, Masjid Agung Pondok Tinggi seolah memiliki magnet tersendiri. Tempat ibadah bagi umat Islam ini memiliki beberapa keunikan pada segi arsitektur, ukiran-ukiran serta bedug berukuran raksasa didalamnya. Bentuk bangunan yang masih dipertahankan pun memilki kesan klasik dan banyak dikagumi oleh ahli seni arsitektur. Masjid Agung Pondok Tinggi terletak pada Jalan Soekarno Hatta, Desa Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh, Kerinci, Jambi. Lokasi masjid yang berada pada pusat kota pun sangat mudah untuk ditemukan oleh wisatawan. Berbagai moda transportasi umum bisa dimanfaatkan pengunjung, dengan harga terjangkau dan tentunya cukup nyaman.

Fasilitas di Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid Agung Pondok Tinggi pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Seperti kamar mandi, tempat wudhu, dan juga tempat parkir yang cukup luas. Terdapat pula sebuah perpustakaan dengan koleksi berbagai buku. Pada tempat ibadah ini pun sering diselenggarakan berbagai kegiatan keagamaan untuk masyarakat setempat. Masjid juga dilengkapi dengan pemancar radio, yaitu Radio Suara Pondok Tinggi. Radio ini menyiarkan berbagai kegiatan dakwah, serta aktivitas-aktivitas keagamaan di Desa Pondok Tinggi. Usai berkunjung ke masjid, wisatawan pun bisa menemukan aneka kuliner dan jajanan khas Kerinci di Kota Sungai Penuh. Apabila hendak menghabiskan waktu dengan bermalam, terdapat beberapa pilihan hotel dan penginapan di Kota Sungai Penuh yang bisa disewa. Berwisata religi bisa meningkatkan keimanan, dan menenangkan hati. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung ketika berada di Masjid Agung Pondok Tinggi.

 

Wisata Religi Masjid Agung Pondok Tinggi

Saat kamu berlibur di Kerinci dan tengah berada di Kota Sungai Penuh, maka mampirlah ke masjid yang bersejarah ini. Apalagi jika kamu hobi dan senang berwisata religi, tempat ini sangat pas untuk kamu kunjungi. Di masjid ini kamu bisa beribadah menunaikan sholat, seperti yang dilakukan mantan Wakil Presiden Indonesia Mohammad Hatta pada tahun 1953. Setelah beribadah, kamu bisa mengaji didalam masjid serta merasakan berada pada masjid tertua di Kerinci. Kamu pun bisa ikut dalam kegiatan keagamaan yang sering diselenggarakan di masjid ini. Datanglah pada waktu yang tepat, saat kegiatan sedang dilaksanakan. Masyarakat sekitar pun sangat terbuka dan dengan senang hati akan mengizinkanmu ikut dalam kegiatan ini.

Keunikan Masjid Agung Pondok Tinggi

Usai wisata religi, kamu pun bisa memandangi indahnya arsitektur masjid. Banyak pula para peneliti dan ahli arsitektur yang datang ke mesjid ini dan mereka mengaku kagum dengan keindahan Masjid Agung Pondok Tinggi. Kamu bisa berkeliling melihat aneka ukiran dan motif indah diseluruh bagian masjid. Kamu pun juga bisa melihat beduk yang bernama Tabuh Larangan. Beduk ini cukup unik, dan memiliki ukurang yang besar. Keindahan interior masjid pun bisa kamu nikmati, dan tak kalah dengan masjid-masjid modern yang ada saat ini. Terkesan klasik, dan bernilai historis tinggi, konstruksi masjid pun mencermikan betapa pandainya orang zaman dahulu membangun sebuah bangunan.

Daya Tarik di Masjid Agung Pondok Tinggi

Aneka hiasan dan ukiran yang memenuhi seluruh bagian masjid pun bisa kamu abadikan dengan kamera. Tak hanya bagian luar, bagian dalam pun semakin indah dan bisa kamu potret. Namun sebaiknya, mintalah izin terlebih dahulu kepada penjaga masjid dan jangan sampai kamu mengganggu para jemaah masjid. Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang menarik, dengan memotret mihrab masjid dan bagian dinding-dinding masjid. Keunikan dari tempat muadzin mengumandangkan adzan, serta beduk berukuran besar pun menjadi daya tarik tersendiri yang harus kamu abadikan. Bawalah kamera terbaik yang kamu miliki agar hasil foto semakin maksimal.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Masjid-Agung-Pondok-Tinggi
Comments
Loading...