Masjid Agung Meulaboh, Masjid Dengan Arsitektur Indah di Aceh

0 26

Masjid Agung Meulaboh

Masjid Agung Meulaboh merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di Aceh. Keindahan dari masjid ini sudah tak perlu diragukan. Bahkan masjid ini masuk dalam 100 Masjid Terindah di Indonesia yang merupakan sebuah buku buah karya Teddy Tjokrosaputro dan Aryananda. Masjid ini terkenal akan luas halaman serta arsitektur yang memadukan antara gaya Aceh, Timur Tengah, dan Asia.

   

Secara administratif, Masjid Agung Meulaboh berada pada Jalan Imam Bonjol 100, Desa Seuneubok, Kec. Johan Pahlawan, Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke lokasi masjid ini, pengunjung setidaknya harus menempuh jarak 3 kilometer dari pusat Kota Meulaboh. Letak masjid yang berada di pusat Kota Meulaboh, menjadikan para jamaah yang ingin beribadah atau menikmati kemegahan bangunan dari masjid ini mudah untuk menjangkaunya.

Ketika memasuki pintu gerbang masjid, pengunjung akan langsung disambut dengan megahnya masjid dengan kubah besar yang berwarna merah bata. Suasana rindang yang ada di halaman masjid, juga akan membuat siapa saja betah berlama-lama di masjid ini. Masjid ini merupakan tempat berkumpul para jamaah khususnya dari masyarakat Meulaboh.

Keunikan Masjid Agung Meulaboh

Keindahan yang ditawarkan oleh Masjid Agung Meulaboh akan langsung terasa ketika berada di pintu gerbang utama masjid. Pintu ini letaknya kurang lebih 50 meter dari bangunan utama masjid. Gerbang tersebut menganut desain khas Timur Tengah yang nampak megah dan indah. Masjid ini setidaknya memiliki 3 buah gerbang disisi utara, barat dan timur.

Ketika memasuki halaman masjid, akan terasa suasana sejuk dan rindang. Sepanjang mata memandang akan terlihat halaman luas yang dipenuhi dengan rerumputan hijau. Halaman masjid ini juga ditumbuh berbagai pepohonan seperti pohon palem dan cemara. Sebagian halaman dilengkapi dengan batako, untuk akses jalan menuju ke masjid.

Masjid ini memiliki 2 lantai yang memiliki desain arsitektur yang berbeda. Dari luar masjid akan terlihat jelas tiga buah kubah utama masjid yang didampingi dengan dua kubah menara air di sisi kanan dan kiri. Seluruh kubah tersebut memiliki warna identik serta warna yang sama yaitu merah bata. Bentuk kepala dari kubah ini membulat dengan bagian atas yang meruncing.

Pesona dari Masjid Agung Meulaboh akan semakin terasa ketika memasuki bagian dalam masjid. Akan nampak dua ruangan dengan konsep desain yang berbeda. Pada ruangan pertama, pengunjung akan melihat ruangan yang dipenuhi dengan tiang-tiang. Tiang-tiang ini merupakan tiang penyangga untuk lantai dua bangunan masjid.

Sedangkan pada ruang kedua, akan terasa suasana berbeda dengan ruangan luas tanpa penyangga yang dilengkapi dengan lampu hias dibagian tengah. Gaya khas dari Timur Tengah juga dapat ditemui ketika melihat bentuk mihrab yang didominasi dengan warna coklat keemasan. Selain itu, dinding-dinding serta tiang penyangga masjid juga berhiaskan ornamen dan ukiran yang mewakili gaya arsitektur khas Aceh.

Fasilitas di Masjid Agung Meulaboh

Fasilitas yang terdapat pada Masjid Agung Meulaboh ini dapat dikatakan cukup lengkap. Terdapat toilet, serta area parkir sangat luas yang dapat menampung kendaraan para jamaah seperti mobil dan motor. Pepohonan yang ada disekitar area parkir juga menjadi nilai tambah tersendiri, sehingga menjadikan suasana yang teduh dan rindang.

Selain itu, area masjid juga dilengkapi dengan taman yang dihiasi lampu-lampu. Suasana malam akan terasa sangat indah, dipadukan terangnya lampu taman disamping masjid yang berdiri megah. Tak hanya menjadi tempat ibadah bagi umat Islam, tetapi di masjid ini juga memiliki fungsi pendidikan. Tersedia Madrasah Tsanawiyah hingga TK yang bernuansa Islami di dalam masjid ini.

Bagi wisatawan dan pengunjung yang ingin menginap disekitar masjid, terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa disewa. Hotel dan penginapan ini dapat disewa dengan harga bervariatif sesuai dengan fasilitas yang mereka tawarkan. Masjid Agung Meulaboh memang memiliki pesona yang terletak pada keindahan arsitekturnya. Berikut aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung dimasjid tersebut.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Masjid-Agung-Meulaboh
Comments
Loading...