Masjid Agung Darul Muttaqin Batang Jawa Tengah

0 235

Masjid Agung Darul Muttaqin

Masjid Agung Darul Muttaqin Batang merupakan masjid yang termegah di Kota Batang, Masjid Agung Darul Muttaqin ini terletak di sisi barat alun alun, di jantung Kota Batang. Posisinya yang begitu strategis menjadi sebab selalu ramai nya masjid ini dikunjungi oleh jamaah baik yang berasal dari sekitar Kota Batang maupun juga para musafir luar kota. Sebelum menjadi Masjid Agung, dahulunya masjid ini bernama Masjid Jami’ Kota Batang, sebelum Batang menjadi kabupaten lagi, terpisah dari Kabupaten Pekalongan.

Lokasi Masjid Agung Darul Muttaqin

Masjid Agung Darul Muttaqin berada di Jalan. Ahmad Yani, Kelurahan Kauman, Kec. Batang Kabupaten Batang, Jawa Tengah – Indonesia.

Arsitektur Masjid Agung Darul Muttaqin

Bangunan masjid dengan perpaduan arsitektur modern di bagian serambi dan bangunan asli di bagian utama masjid ditambah dengan menara tunggal. Masjid ini sudah direnovasi menjadi bangunan berlantai dua, mampu menampung hinngga 2000-3000 jemaah sekaligus. Bangunan tambahan masjid hampir seluruhnya dibalut dengan keramik dan marmer.

Bangunan asli Masjid ini berbentuk bangunan tradisional beratap limas bersusun, khas bangunan masjid asli Indonesia. Ruang utama masjid, telah mengalami renovasi, namun masih tetap nampak keasliannya. Sebagian besar ornament dalam ruangan dari kayu. Struktur atap bangunannya ditopang 12 tiang yang dipercantik dengan ukiran ukiran kayu, dan seluruh ornamen kayu di dalam ruangan ini di lapis plitur dan pernis. Serambi masjid telah mengalami perombakan menyeluruh sehingga terkesan lebih modern. Saat singgah kesana, ruang utama masjid ini sedang dalam proses perbaikan.

Aktivitas Masjid Agung Darul Muttaqin

Aktivitas pendidikan di Masjid Agung Batang ini telah mendirikan dan menjalankan tiga lembaga pendidikan yaitu RA/TK Al Karomah, TPQ Al Karomah, dan SMP Islam Batang. Selain tiga lembaga tersebut, di belakang Masjid Agung Darul Muttaqin Batang juga terdapat sebuah madrasah aliyah, madrasah ibtidiyyah, dan madrasah diniyyah yang menjadi keluarga besar” Masjid Agung Darul Muttaqin Batang meskipun dalam naungan lembaga/yayasan lain.

Source wisata aroengbinang
Comments
Loading...