Masjid Agung Al Makmur, Lampriet Aceh

0 56

Masjid Agung Al Makmur

Masjid Agung Al Makmur atau dulunya bernama Masjid Al Makmur Lampriet adalah salah satu Masjid besar yang berada di kota Banda Aceh. Masjid ini sudah didirikan sejak tahun 1979 oleh masyarakat setempat secara bertahap. Berada di kawasan Lampriet, dulunya kawasan ini adalah komplek pegawai pemerintahan yang sempat diduduki oleh para penjajah dari Belanda serta menjadi tanah erpah. Pada tahun 2004 tepatnya di bulan Desember tanggal 26, Aceh terkena bencana gempa dan tsunami dan Masjid ini pun mengalami kerusakan akibat dari bencana tersebut,  malah sudah dianggap tidak layak digunakan lagi.

Setelah peristiwa tersebut Kesultanan Oman pun memberikan dana bantuan untuk merenovasi Masjid ini. Dana hibah langsung dari Sultan Oman, Qabus Bin Said kini membuat Masjid ini menjadi megah dengan gaya arsitektur ala Timur Tengahnya. Pembangunan Masjid ini pun menghabiskan biaya hingga sebesar 1,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 17 Milyar. Tak jarang pula akhirnya yang menyebut Masjid ini Masjid Oman.Pada 19 Mei 2009 Masjid Agung Al-Makmur, Lampriet ini diresmikan penggunaannya.

Turut hadir pula dalam upacara peresmian tersebut Ali Ibrahim Al Raisy, Direktur Eksekutif Oman Charitible Organization mewakili pemerintahan Kesultanan Oman. Masjid Agung Lampriet ini sangat ramai dikunjungi untuk beribadah, pasalnya lokasi Masjid ini juga strategis sehingga siapapun orang yang lewat dan ingin sholat bisa mampir dan singgah dengan mudah di Masjid ini. Apalagi jika menjelang waktu sholat Jumat, jamaahnya pun sampai tidak tertampung dan sholat di luar Masjid.

Karena merupakan masjid besar, Masjid Agung Lampriet ini sering dijadikan tempat penyelenggaraan acara acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh maupun Pemerintah Propinsi NAD bersama Masjid Raya Baiturrahman. Salah satunya adalah acara Pekan Budaya Aceh hingga proses seleksi bagi para calon walikota Banda Aceh yang di uji kemampuan mereka membaca Al-Qur’an. Seperti yang dilaksanakan saat Banda Aceh akan memiliki Empat pasangan bakal calon wali kota/wakil wali kota Banda Aceh periode 2012-2017, semua bakal calon mengikuti uji kemampuan baca Al Quran pada tanggal 16 Oktober 2011 lalu.

Ya di Aceh ini sangat menarik, karena kemampuan membaca Al-Qur’an dijadikan sebagai salah satu kriteria bagi calon pemimpin nya. Acara besar lainnya yang diselenggarakan di masjid Agung Lampriet ini bersama dengan masjid masjid besar di Aceh termasuk di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, adalah acara zikir yang diadakan di setiap malam pergantian tahun. Zikir dan muhasabah yang digelar di Masjid Al Makmur Lampriet tersebut diakhiri dengan melaksanakan shalat malam. Untuk melihat kemegahan ornamen dan nuansa Timur Tengah anda datang ke Jalan Taman Ratu Syafaruddin atau Jalan Muhammad Daud Beureuh, Lampriet Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Masjid Agung Al-Makmur Lampriet berada di pertigaan jalan Jl. Taman Ratu Syafaruddin / Muhammad Daud Beureuh, berseberangan dengan taman Ratu Safiatuddin di kota Banda Aceh. Kemegahannya pun sudah tampak dari jauh ditambah dengan nuansa Timur Tengah yang sangat terlihat pada bangunan masjid ini lengkap dengan kubah besar dan menara kembar-nya. Untuk berkunjung kesini, jangan lupa untuk selalu berpakaian sopan dan tertutup untuk menghormati adat dan kebudayaan warga setempat yang memang menjunjung tinggi budaya Islam untuk menutup aurat.

Source http://ulinulin.com http://ulinulin.com/posts/menikmati-kemegahan-masjid-agung-al-makmur-lampriet-aceh
Comments
Loading...