Makam Syiah Kuala, Wisata Religi di Aceh

0 15

Aceh bisa menjadi salah satu destinasi pilihan anda. Tidak hanya Masjid – Masjid megah, namun ada pula Makam Ulama tersohor yang sering ramai diziarahi oleh masyarakat yang datang dari berbagai daerah yakni Makam Syiah Kuala. Syiah Kuala diambil dari nama salah satu ulama besar penyebar agama Islam di Asia Tenggara termasuk nusantara pada abad 17 Masehi. Salah satu yang menjadi daya tarik Makam Syiah Kuala untuk dikunjungi ialah keajaiban tempat ini pada saat terkena bencana gempa dan tsunami. Makam Syiah Kuala ini tidak mengalami kerusakan, batu nisan pun tetap berada disana padahal jarak dengan pantai hanya kurang dari 1 km. Hal ini membuat masyarakat takjub dan kagum dengan kuasa Sang Pencipta. Apalagi setelah bencana, makam ini hanya berjarak 100 meter dengan pantai.

Hampir setiap hari Makam ini ramai dikunjungi wisatawan dari lokal hingga berbagai daerah. Mereka melakukan ziarah dan kadang melakukan hajatan seperti aqiqah atauupun bernadzar disini. Misalnya ada yang membawa seekor kambing karena anaknya sudah sembuh dari penyakit, nantinya kambing itu akan dimasak dan dimakan bersama para peziarah yang juga hadir disitu. Menjadi semacam acara hajatan bersama. Setelah direnovasi Makam syiah kuala ini semakin ramai dikunjung khalayak umum. Pada malam hari pun sering diadakan kegiatan ibadah seperti solat sunnah, dzikir dan doa bersama yang dilakukan  oleh berbagai organisasi atau komunitas muslim.

Untuk menemukan Makam Syiah Kuala pun tidak sulit karena hanya sekitar 3 km dari pusat kota dan terletak di pinggir pantai tepatnya muara sungai Aceh, Desa Raya, Kecamatan Syiah Kuala. Anda bisa menggunakan angkot atau labi-labi jurusan Terminal-Lampriet-Lampineung-Prada-Darussalam atau Kreung Raya ( Kreung Aceh ). Sesampainya di krueng aceh ini, anda bisa menggunakan becak, ataupun bentor untuk sampai ke Makam Syiah Kuala, ojek juga ada. Saat ini, setiap hari sejak pagi hingga malam aktivitas religi tak pernah sepi. Jadi tak perlu khawatir jika memang anda berkesempatan untuk mengunjungi Makam Syiah Kuala Aceh ini di malam hari.

Source http://ulinulin.com http://ulinulin.com/posts/berwisata-ke-makam-syiah-kuala-bukti-kekuasaan-sang-pencipta-dibalik-dahsyatnya-bencana-gempa-dan-tsunami-aceh
Comments
Loading...