Main Air di Pemandian Sumber Ringin Tumpang

0 10

Pemandian Sumber Ringin

Pemandian Sumber Ringin adalah salah satu obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pemandian ini berlokasi di wilayah Malang Timur, tepatnya berada di Dusun Sumber Ringin, Desa Wringinsongo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 10 km ke arah timur dari Kota Malang, bisa ditempuh dengan melalui Desa Malangsuko di Kecamatan Tumpang. Sayangnya untuk menuju tempat wisata yang menarik perhatian ini tidak ada jalur angkutan umum. Hanya ada sarana transportasi alternatif berupa ojek atau delman. Jadi, bagi Anda yang ingin berkunjung disarankan membawa kendaraan sendiri. Selain itu, tidak ada petunjuk arah di sepanjang jalan yang akan dilalui, hanya terdapat sebuah papan nama usang yang tertempel di sebuah dinding rumah warga.

Namun, jika Anda menikmati pemandangan alam di sepanjang perjalanan menuju Sumber Ringin, maka naik delman bisa jadi pilihan yang tepat. Anda akan disambut banyaknya perkebunan yang menghijau, seperti kol, tomat, cabe, dan hamparan padi. Dari jalan raya, Anda masih harus melewati jalan yang belum diaspal kurang lebih sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi pemandian ini. Sehingga, Anda harus tetap berhati-hati ketika melalui jalan tersebut. Tibanya di tempat parkir, kolam pemandian tidak akan terlihat karena rimbunnya pepohonan. Selain itu, lokasi kolam juga cukup menjorok ke dalam, tepatnya berada di bawah tebing.

Setelah melewati pos penjualan tiket, Anda masih harus menuruni anak tangga untuk mencapai lokasi pemandian. Di pemandian ini terdapat dua pohon beringin besar, satu terletak di atas kolam utama dan satu lagi terletak di bawah, dekat tempat bermain anak-anak. Pohon beringin itu telah berusia ratusan tahun dengan diameter mencapai 5 meter dan tingginya sekitar 20 meter. Dari bawah kaki beringin inilah sumber air mengalir karena itu pula pemandian ini dinamakan Sumber Ringin. Di sini pemandangannya sangat rindang dan terdapat beberapa tebing yang agak curam di sebelah kolam.

Area wisata Pemandian Sumber Ringin terbilang luas yakni 3,4 hektar dengan luas kolam pemandian sekitar 500 meter persegi. Kedalamannya di bagian barat dua meter dan di bagian timur satu meter. Air kolam pemandian ini sebenarnya jernih karena berasal dari air sumber yang terus menerus mengalir. Akan tetapi, karena dasar kolam belum dikeramik sehingga airnya nampak agak kotor. Tak hanya menyediakan kolam pemandian, di Sumber Ringin disediakan beberapa wahana permainan anak-anak. Sayangnya, wana tersebut tampak kurang mendapat perawatan dari pengelola tempat wisata. Harga tiket masuk pemandian ini cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan antara lain ruang ganti serta kursi tunggu. Ada pula deretan warung yang hanya berjualan pada akhir pekan atau pada saat hari libur saja.

Jika ingin menyewa tempat di area tempat wisata ini pun diperbolehkan. Pada hari biasa tarifnya Rp 200 ribu untuk kolam saja dan Rp 300 ribu untuk bermalam atau berkemah. Biasanya beberapa sekolah di wilayah kecamatan Tumpang menyewa untuk kegiatan siswa. Misalnya saat ujian praktik olahraga atau kegiatan ekstrakurikuler. Di lereng yang lebih ke bawah, pengelola menjadikannya lokasi kuliner. Ada beberapa warung berderet panjang di sana. Di samping deretan warung itu, ada panggung besar sebagai panggung pertunjukan. Pada hari libur, biasanya terdapat panggung hiburan orkestra yang menampilkan band-band lokal dan pertunjukan kuda lumping.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/06/01/main-air-di-pemandian-sumber-ringin-tumpang/
Comments
Loading...