Maek, Nagari Seribu Menhir Mulai Maju

0 82

Maek, Nagari Seribu Menhir Mulai Maju

Maek sendiri berada di Nagari Maek, Kecamatan Bukit Barisan. Untuk sampai ke “Nagari Seribu Menhir” itu tidak semudah mendatangi nagari-nagari lain yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Dengan menempuh jarak lebih kurang 80 kilometer dari Payakumbuh melewati jalan berkelok naik turun dilereng-lereng bukit dan disambut jurang dalam hing­ga puluhan meter serta kondi­si jalan yang masih tanah.

 

Melewati hutan rimbun, tikungan tajam dan sesekali terdapat batu sebesar yang mencuat di badan jalan. Se­hing­ga, untuk sampai kesana, harus dengan hati-hati de­ngan tenaga ekstra. Itu baru jalur yang disempuh ke Na­gari Maek. Sesampai disana pun, ja­ngan bermimpi akan mele­wa­ti dan melintasi jalan ber­as­pal. Yang ada hanyalah ja­lan tanah berkerikil. Selain ak­ses jalan yang tidak mema­dai, untuk komunikasi pun ter­­bilang susah di Nagari Maek.

Untuk komunikasi di na­ga­­ri yang dikelilingi oleh per­bukitan tersebut, masya­rakat disana harus pergi ke tempat yang tinggi agar bisa meng­hubungi orang lain. “Kadang-kadan juga harus memanjat pohon supaya da­pat sinyal hape,” ucap Rus salah se­orang warga Nagari Maek. Memasuki tahun 2013 lalu, ucapan “Cukuik sakali ko manampuan Maek,” su­dah jarang terdengar. Pasal­nya, dari 2013 hingga seka­rang ini, pembangunan infra­struktur berupa jalan dan akses komunikasi malahan gen­car dilakukan pemerintah.

Nagari Maek yang dulu jalan tanah dan batu-batu besar, sekarang sudah mulus oleh aspal. Tepi-tepi tebing yang berhadapan langsung dengan jurang dalam sudah diberi pembatas. Begitu un­tuk komunikasi dengan pon­sel, dahulu harus mencari lokasi tinggi dan memanjat pohon agar bisa telpon-telpo­nan, sekarang jaringan sudah bagus. Bahkan, kini dari Nagari Maek sudah bisa up­date status dijejaringan sosial melalui handpone selular. Nagari Maek kini, jauh berbeda dengan Nagari Maek masa lalu. Daerah dengan penduduk sekitar 15ribu itu sudah jauh maju.

Nagari Maek memiliki potensi yang luar biasa untuk dikem­bang­kan. Terutama dari keinda­han alam. Belum sampai disana, Na­gari Maek juga dikenal da­erah peradaban. Ada lebih ku­rang 100 menhir yang ter­sebar di Nagari Maek. “Men­hir adalah batu besar yang ditancamkan didalam tanah. Ini peninggalan nenek mo­yang ketika masa pera­daban lalu,” ucap warga setempat. Beberapa tahun bela­kangan ini apalagi memasuki 2016 ini, Nagari Maek jadi daerah tujuan wisata bagi masyarakat. Terutama ma­sya­rakat Kabupaten Lima­puluh Kota. Tak jarang juga, ba­nyak ahli-ahli dari luar negara berdatangan ke Nagari Maek.

Source https://www.harianhaluan.com https://www.harianhaluan.com/news/detail/62213/maek-nagari-seribu-menhir-mulai-maju
Comments
Loading...