Lubuk Batu Palimauan Tandikek, Objek Wisata Alam yang Bersejarah

0 87

Lubuk Batu Palimauan

Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat memang banyak menyimpan objek wisata alam yang potensi. Salah satunya pemandian Lubuk Batu Palimauan, persis berada di Korong Tandikek Asli dan Korong Air Kelok Nagari Tandikek Utara, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman.

Pemandian Lubuk Batu Palimauan, diyakini sebagai lokasi pemandian Khatib Sangko yang terdapat di Nagari Tandikek Utara.  Di pemandian ini terdapat 7 lubang batu yang diyakini sebagai tempat balimau oleh Khatib Sangko. Lubang tersebut berbentuk mangkok.

  

Saat kita mendatangi lokasi pemandian Lubuk Batu Palimauan awal Agustus 2018 ini, bersama Walinagari Tandikek Utara Sabar, Ketua MUI Padang Pariaman Tuanku Syofyan dan pemuka masyarakat setempat,  hanya berhasil ditemui 6 lubang.

Walinagari Tandikek Utara Sabar menyebutkan, pemandian Lubuk Batu Palimauan ini sudah dibuka sejak tahun 2016 sebagai lokasi objek wisata alam/pemandian. Entah dari mana informasinya, lokasi Lubuk Batu Palimauan mulai ramai dikunjungi. Belakangan ini, di hari libur, lebaran maupun menjelang masuk bulan Ramadhan, ada 150 – 200-an pengunjung memadai Lubuk Batu Palimauan.

“Sejak itu kita terus kembangkan dan benahi kawasan Lubuk Batu Palimauan. Sehingga semakin menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pengunjung. Sekarang sudah dibangun jalan rabat beton sepanjang 70 meter ke lokasi Lubuk Batu Palimauan. Sehingga pengunjung lebih nyaman melewati jalan yang sebelumnya jalan tanah,” kata Sabar.

Menurut informasi mereka yang pernah datang ke lokasi ini, kata Sabar, mereka  datang 3 kali secara rutin, mampu menghilangkan penyakit demam, reumatik dan kudis gatal. Manfaat  yang dirasakan usai mandi di Lubuk Batu Palimauan ini disampaikan kepada kerabat maupun teman.  Sehingga mereka pun datang ingin merasakan mandi di Lubuk Batu Palimauan.

Menurut Arlis Datuak Lamso, Khatib Sangko mulai mengislamkan masyarakat di Tandikek tahun 1621 M. Sebelum diislamkan, Khatib Sangko menyuruh penduduk yang ingin  menganut agama Islam terlebih dahulu mandi di Lubuk Batu Palimauan. Orang tersebut mandi dan dilimaukan oleh Khatib Sangko sebelum mengucapkan kalimat Syahadat sebagai pertanda masuk agama Islam. Ramuan limaunya ditempatkan di lubang yang 7 tersebut.

Source http://sitinjausumbar.com http://sitinjausumbar.com/berita-lubuk-batu-palimauan-tandikek-objek-wisata-alam-yang-bersejarah.html
Comments
Loading...