Los Mbako Ngriman : Spot Foto Keren di Klaten

0 153

Los Mbako Ngriman

Tempat hitz yang satu ini patut dikunjungi ketika kalian sedang berada di Kab. Klaten.  Bangunan ini menjadi spot foto yang menarik dan jarang ditemui di tempat lain, untuk kalian yang suka upload foto di instagram tempat ini sangat instagramable dan kalian wajib berkujung kemari.

Bangunan ini tidak lah megah ataupun mewah, hanya bangunan sederhana dan cukup besar  ukurannya pun sekitar 18 meter untuk lebarnya, 12 meter tinggi dan 100 meter untuk panjangnya, namun bangunan ini  mempunyai nilai estetika yang bagus. Bambu kuninglah yang menjadi bahan baku utamanya, dengan atap yang terbuat dari jerami kering atau pun daun daun tebu yang sudah kering dan lantai dasarnya yang berbentuk panggung.

Lantai panggung tersebut berguna untuk menghindari tembakau dari genangan air, bentuknya yang unik tersebut semakin menonjolkan kesan tradisionalnya. Pada dasarnya bangunan ini dibuat untuk mengeringkan tembakau setelah proses pemetikan dan sebelum dicacah.Tembakau yang dikeringkan di sini merupakan mbako kelas satu yang berjenis Vorstenlanden.

Memang dari zaman kolonial Belanda, Kab. Klaten terkenal dengan tembakau kualitas pilihan yang akan dijadikan rokok maupun cerutu kelas dunia. Los mbako ini berdiri di area persawahan di pinggir Kab. Klaten. Kalian bisa menemukan tempat ini di beberapa kecamatan seperti, Kecamatan Kebonarum, Polanharjo, Jatinom, Ngawen, atau bahkan di kawasan pinggiran kawasan Kota Klaten.

Source https://klatenia.com https://klatenia.com/klaten/los-mbako-klaten/
Comments
Loading...