Loloda

0 17

Loloda

Pernah dengar nama Jailolo? kalau Loloda? Kahatola? atau Mariporoco? penulis yakin pasti hanya segelintir yang tahu. Memang tempat tersebut jarang didengar, kalah tersohor dibanding nama Raja Ampat, Lombok, Labuan Bajo, Danau Toba atau Bunaken. Padahal dari pemandangannya juga luar biasa menawan.

 

Tempat-tempat yang disebutkan di atas berada di Provinsi Maluku Utara, tepatnya di Kepulauan Halmahera, sangat jauh dari hiruk pikuk Jakarta dan jangkauan wisatawan. Untuk menuju ke sana pun, perlu berbagai macam sarana transportasi, tentunya biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Mangkanya, tempat sekeren ini jarang mendapat sorotan, bahkan terkesan terlupakan.

Loloda dan Jailolo merupakan kecamatan di Kabupaten Halmahera Barat. Kecamatan ini merupakan gugusan pulau-pulau cantik bak kepingan surga. Sementara Kahatola dan Maroporoco, merupakan gugusan pulau di Loloda yang menyimpan pesona menawan dengan sebuah air terjun di dalamnya.

Seperti sebagian wilayah di Timur Indonesia, Jailolo dianugerahi dengan lautan biru sejernih kristal. Pantai-pantai nan indah banyak berserakan dengan berhias bukit-bukit nan indah. Ada banyak tempat indah di Jailolo, seperti, Dermaga Payo, Pantai Air Panas, Pantai Babanehena, dan Pantai Arugasi. Tapi yang paling terkenal adalah Pulau Babua yang menjadi langganan pengunjung Festival Teluk Jailolo (FTJ).

Oh ya, nama Jailolo juga kerap disebut saat hajatan pariwisata terbesar di Maluku, Festival Teluk Jailolo (FTJ). Festival ini selalu diselenggarakan pada pertengahan tahun antara April dan Mei. Ada banyak pertunjukan untuk menarik minat wisatawan antara lain Sasadu on The Sea, Pagelaran Budaya Moloku Kie Raha, Upacara Adat Sigofi Ngolod eksplor seru pulau dan bawah laut di Halmahera, terutama Jailolo.

Bergeser ke Loloda yang tidak kalah spektakuler dari Jailolo. Wilayah Loloda ini unik, terbagi dua menjadi Loloda Utara dan Loloda Selatan yang berada di Provinsi Maluku Utara. Dua-duanya indah, Tapi penulis akan membahas mengenai Loloda di Kabupaten Halmahera Barat.

Di Loloda, ada tiga pendatang baru yang menjadi destinasi wisata, antara lain Sosota, Mariporoco dan Kahatola. Mariporoco adalah gugusan pulau berbentung tebing batu yang menyebar di perairan Loloda. Melihat Mariporoco seketika kita akan mengerti betapa indahnya ciptaan Tuhan. Pulau dengan lumut hijau, tebing kokohg menghasilkan kombinasi indah dengan beningnya air laut. Tidak ketinggalan pemandangan bawah laut di sini luar biasa.

Sama seperti Raja Ampat, Mariporoco punya pesona di atas dan bawah lautan. Publikasi Mariporoco di Internet belum sebanyak tempat-tempat lain di Halmahera maupun di Indonesia. Tidak banyak wisatawan yang mengeksplor, Pemerintah setempat pun tampaknya baru-baru ini saja serius mengembangkan potensi Mariporoco.

Tempat indah lain di Loloda adalah Kahatola. Orang-orang setempat lebih mengenal Kahatola sebagai air terjun nan memukau yang mengalir di pulau bernama Kahatola. Letaknya terpencil di tengah lautan, perlu perjalanan dua jam dengan speedboat dari Pelabuhan Jailolo untuk sampai ke Kahatola.

Sesampainya di pulau ini, wisatawan akan disuguhkan oleh panorama Air terjun yang jatuh di dari ketinggian tebing Kahatola ke lautan. Istimewa. Konon air terjun tersebut berasal dari rembesan air di sela-sela batuan yang membentuk Pulau Kahatola. Hingga saat ini, air terjun ini belum banyak diketahui orang, lantaran saat ini air terjun Kahatola masih menjadi alternatif wisatawan saat berkunjung ke Jailolo.

Source https://www.jelajahpulau.com https://www.jelajahpulau.com/loloda-dan-jailolo-kepulauan-surga-di-indonesia-timur-yang-masih-perawan/
Comments
Loading...