Lobang Jepang Bukittinggi

0 52

Lobang Jepang ramai pengunjung. Sejumlah wisatawan lokal dan mancanegara terlihat di lokasi. Wisatawan dari kota Bukittinggi cukup ke Lobang Jepang dengan angkutan darat. Lubang Jepang Bukittinggi adalah salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan, penyimpanan bekal dan peralatan perang. Panjang terowongan mencapai 1400m dan berkelok-kelok. Lubang Jepang mulai dikelola menjadi objek wisata sejarah pada tahun 1984, oleh pemerintah kota Bukittinggi. Beberapa pintu masuk ke Lubang Jepang ini diantaranya terletak pada kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang.

Sejumlah ruangan khusus terdapat di terowongan ini, di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata. Masih dilengkapi dengan satu ruang khusus,yang dinamakan ”Dapur” .

Namun jangan kira ada hubungan dengan dapur makanan, karena “dapur“ disini adalah tempat pembantaian para romusha yang dianggap membangkang perintah dari Nippon. Terowongan ini berdiameter 2 meter dan masih dalam bentuk aslinya, yakni terbuat dari adukan tanah yang mengandung kapur. Sehingga semakin terkena air, maka semakin menyatukan semuanya, menjadi paduan yang kokoh. Bahkan ketika gempa bumi mengoyak kota Padang pada tahun 2009 dan imbasnya dirasakan di kota Bukittinggi ini, terowongan ini tak satupun yang retak apalagi runtuh.

Comments
Loading...