Lingkok Kuwieng, Lembah Istana Grand Canyonnya Aceh

0 54

Lingkok Kuwieng

Lingkok Kuwieng merupakan sebuah lembah yang terbentuk secara alami di sisi sungai. Bertahtakan bebatuan cantik, yang terbuat dari proses alam selama ratusan tahun menjadikan sebuah fenomena unik yang sungguh menawan. Tempat wisata yang juga sering disebut Uruek Meuh dan juga Lembah Istana ini belakangan semakin populer dan ramai dikunjungi wisatawan.

  

Letak Lingkok Kuwieng ini berada pada Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi tempat wisata ini, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak 12 kilometer dari Kota Sigli. Perjalanan tersebut memakan waktu kurang lebih selama 30 menit saja. Awalnya, wisatawan memang dihadapkan dengan kondisi jalan yang baik dan teraspal mulus. Namun ketika tiba di wilayah perbukitan, jalanan ekstrim dan menantang pun telah menanti wisatawan.

Disarankan, bagi pengunjung yang hendak datang ke Lingkok Kuwieng ini menggunakan kendaraan bermotor yang prima seperti motor trail. Kendaraan ini sangat cocok, karena jalanan menuju lokasi yang masih berupa tanah dan banyak ditemukan bebatuan besar sehingga menyulitkan untuk dilalui. Tak jarang, wisatawan harus menaiki tanjakan ekstrim karena memang lokasi dari tempat wisata ini berada di perbukitan.

Mengingat ekstrimnya jalan yang harus ditempuh wisatawan, diharapkan bagi yang belum pernah berkunjung ke Lingkok Kuwieng ini menggunakan jasa pemandu dari warga setempat. Dengan menggunakan jasa guide, perjalanan wisatawan akan lebih terasa nyaman dan pastinya tidak akan takut untuk tersesat. Ada kalanya, pengunjung harus memarkirkan kendaraan dan meneruskan perjalanan ke lokasi wisata dengan berjalan kaki.

Fasilitas di Lingkok Kuwieng

Sangat disayangkan keindahan tempat wisata Lingkok Kuwieng ini tidak berbanding lurus dengan fasilitas yang ada. Masih sangat minim fasilitas yang bisa ditemukan wisatawan di lokasi, selain itu kondisi jalan untuk menuju tempat ini juga belum diperbaiki sehingga cukup menyulitkan bagi wisatawan. Untungnya, kini masyarakat sekitar berinisiatif untuk membuat jalur baru yang dapat digunakan kendaraan roda dua.

Di sekitar lokasi wisata masih belum ditemukan tempat parkir yang aman, toilet umum, serta masjid atau mushola untuk beribadah. Selain itu, wisatawan diharapkan untuk membawa bekal terlebih dahulu sebelum bertolak ke Lingkok Kuwieng, karena disini tidak terdapat penjual makanan atau minuman.

Berwisata di Lingkok Kuwieng bisa menjadi sebuah alternatif ketika berada di Aceh, apalagi jika kamu seorang pecinta alam maka wajib hukumnya berkunjung ke tempat ini. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berada dilokasi wisata.

Keindahan Lingkok Kuwieng

Jika kamu berkunjung ke Lingkok Kuwieng, maka kamu akan disajikan sebuah fenomena alam yang sangat unik dan menawan. Kamu akan melihat sebuah sungai dengan airnya yang berwarna hijau, serta dilengkap dengan tebing batu disisi-sisinya. Seolah kamu tengah berada di Grand Canyon, Arizona yang sangat terkenal itu. Kamu bisa dengan leluasa berenang, mandi atau bermain di sungai dan air terjun yang ada di tempat ini.

Tak hanya itu, panorama alam dari tempat wisata ini juga menjadi daya tarik tersendiri yang patut untuk dinikmati. Deretan pepohonan hijau, menciptakan sebuah suasana asri dan alami. Pemandangan berupa pegunungan serta deretan perbukitan juga menjadi fenomena tersendiri. Tempat ini memang sangat cocok bagi kamu yang ingin melupakan sejenak kesibukan aktivitas sehari-hari.

Camping Lingkok Kuwieng

Bagi kamu yang seorang pecinta alam, kamu juga bisa menginap di Lingkok Kuwieng dengan mendirikan tenda. Kamu bisa mendirikan tenda diatas tebing-tebing batu serta merasakan sensasi bermalam ditengah alam liar bersama orang-orang terdekat dan kerabat. Dengan membuat api unggun, akan sedikit mengobati udara dingin malam yang menusuk sampai ke tulang.

Ketika perut keroncongan, kamu juga bisa mencari ikan disungai ini dengan memancing. Terdapat beberapa jenis ikan yang bisa kamu konsumsi dengan dibakar, tentunya akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri ketika menikmati keindahan Lembah Istana ini dengan bercamping.

Daya Tarik Lingkok Kuwieng

Mengabadikan keindahan dari Lingkok Kuwieng merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan bagi para pengunjung. Disini, kamu bisa memotret keindahan lembah, serta bebatuan kars yang terkikis selama ribuan tahun sehingga membentuk fenomena alam yang cantik. Keindahan alam sekitar pun bisa kamu bidik dengan kameramu. Kamu juga bisa hunting foto selfie disini, begitu banyak spot menarik yang bisa kamu jadikan sebagai background untuk berfoto seperti tebing bebatuan, sungai, atau air terjun mini. Jika kamu memiliki drone, kamu bisa membawanya dan mencari foto dengan angle berbeda. Pesona dari tempat wisata ini semakin memperlihatkan keindahannya ketika di potret dari udara.

Harga Tiket Masuk Lingkok Kuwieng

Untuk memasuki Lingkok Kuwieng, wisatawan diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan jasa pemandu dipatok dengan harga Rp. 150.000.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Lingkok-Kuwieng
Comments
Loading...