Lapangan Dwiwarna Di Kota Barabai

0 18

Lapangan ini memang menjadi pusat banyak kegiatan, karena menjadi tempat berkumpulnya para remaja, pemuda, pada waktu-waktu tertentu. Maksudnya, waktu-waktu tertentu itu bisa siang, sore, atau malam. Kalau kalian tahu, lapangan Murjani di Banjarbaru. Nah, secara fungsi memang sama, kadang-kadang juga menjadi sirkuit balap roda 2.

Lapangan atau alun-alun, biasanya memang berada didekat pusat pemerintahan. Pada zaman kerajaan dulu, masyarakat dikumpulkan disatu tanah yang luas untuk mendengarkan maklumat aka pengumuman dari Raja atau Pewarta Kerajaan. Jadi, para pemimpin cukup keluar sebentar dan melakukan pengumuman kepada rakyatnya.

Lapangan Dwiwarna, lapangan merah putih, ya dwiwarna berarti merah putih. Pertama, Lapangan Dwiwarna. Oke, ini sudah dibahas. Kedua, Lapangan Lambung Mangkurat di Kandangan yang berseberangan dengan kantor DPR. Ketiga, lapangan Murjani di Banjarbaru.

Lapangan Dwiwarna itu dulu bernama Alun Alun Barabai. Kalau, kamu lihat disana ada monumen. Namun, memang tidak benar-benar salah. Ternyata, monumen itu sudah ada semenjak lama jauh sebelum negara kita merdeka. Perhatikan gambar yang ada dibawah ini, dokumentasinya sekitar tahun 1923-1927.

Source https://kuninghijau.wordpress.com https://kuninghijau.wordpress.com/2012/11/02/lapangan-dwiwarna-di-kota-barabai/
Comments
Loading...