Landmark Ternate

0 68

Landmark Ternate

Kota Ternate adalah sebuah kota yang terletak di kaki Gunung Gamalama di provinsi Maluku Utara. Kota yang memiliki luas wilayah 547,736 km tersebut adalah sebuah kota yang mempunyai destinasi wisata yang cukup banyak. Selain pesona Gunung Gamalama dan juga Danau Laguna juga terdapat tempat wisata baru yang tak boleh anda lewatkan. Tempat wisata yang baru dibangun dan diresmikan tersebut adalah Landmark Ternate, berikut penjelasan selengkapnya.

Lokasi Landmark Ternate

Landmark Ternate adalah sebuah ruang terbuka bagi masyarakat umum yang terletak di Kilometer 0 Kota, Jl. Pahlawan Revolusi, Muhajirin, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara. Untuk menikmati keindahan air mancur menari, para pengunjung tidak akan dipungut biaya apapun. Hal tersebut dikarenakan, Landmark adalah sebuah tempat terbuka yang dijadikan sebagai penunjang fasilitas publik. Para wisatawan lokal maupun mancanegara dapat menikmati keindahan dari air mancur menari kapan saja. Karena tidak ada batasan waktu untuk melakukan kunjungan wisata atau hanya untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman, kerabat, ataupun keluarga.

Aktivitas Di Landmark Ternate

Bagi anda yang ingin mengunjungi Landmark Ternate ada berbagai aktivitas yang dapat anda lakukan di tempat ini. Seperti halnya adalah mengabadikan momen anda bersama dengan keluarga, ataupun teman-teman anda. Selain dapat melakukan selfi atau wifie, anda juga dapat menjadikan salah satu icon kota Ternate tersebut sebagai lokasi foto prewedding. Selain mempunyai air yang menari-nari dengan warna yang beragam juga sangat apik dijadikan sebagai backround  dari foto prewedding anda.

bagi anda wisatawan yang ingin menghabiskan waktu luang atau liburan anda, anda dapat berlama-lama di tempat ini. Terutama pada waktu senja, anda dapat menikmati keindahan matahari terbenam di Landmark. Karena lokasinya yang dekat dengan laut lepas, menyebabkan pemandangan waktu senja sangat disayangkan untuk dilewatkan. Selain senja, waktu yang cocok untuk menikmati keindahan Landmark adalah saat malam hari, karena gelapnya malam akan berpadu dengan tarian-tarian air yang gemerlap. Tak hanya indah untuk dipandang, namun juga dapat memberikan kepuasan bagi para wisatawan.

Keberadaan Landmark Ternate

Landmark adalah salah satu destinasi wisata yang tergolong baru, namun keberadaannya memberikan dampak besar bagi masyarakat sekitar. beberapa dampak yang begitu terlihat adalah di bidang ekonomi, dan juga sosial

  1. Sebagai Ruang Public

Landmark Ternate diresmikan pada malam minggu, 17 juli 2017 silam dan juga dibuka untuk umum baik wisatawan local maupun mancanegara. Dalam melakukan kunjungan juga tidak akan dikenakan biaya masuk. Dalam peresmiannya dihadiri oleh walikota beberapa walikota di Indonesia seperti walikota Surabaya, Baliting, Gorontalo, Tidore. Selain dihadiri para walikota, juga dihadiri oleh ketua pusat perlindungan perempuan dan anak serta Bpk Thaib Armain mantan gubernur Maluku Utara.

  1. Meningkatkan Fasilitas Taman Kota

Taman kota Ternate saat ini telah dihiasi oleh air mancur menari dengan berbagai warna yang menghiasinya. Selain sebagai fasilitas publik, bangunan Landmark Ternate dapat meningkatkan fasilitas taman bagi pengunjung. Selain hanya bermain di area taman, pengunjung juga dapat menikmati tarian air yang memukau. Sayangnya, tarian air dan juga kilaunya lampu dimatikan setelah pukul 11 malam, sehingga para wisatawan yang baru sampai dan ingin menikmati indahnya pesona Landmark akan kecewa. Seharusnya Landmark dibiarkan menyala dan dapat dinikmati setiap saat oleh pengunjung.

Air mancur yang didirikan di tepi laut tersebut mempunyai sebuah sistem filtrasi dan juga sistem sterilisasi kolam yang cukup modern. Dengan sistem tersebut kolam air akan selalu jernih dan terhindar dari timbunan kotoran. Walaupun demikian, masyarakat dihimbau agar selalu menjaga kebersihan dan juga ketertiban, agar aset-aset yang dimiliki daerah dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

  1. Sebagai Ikon Kota Ternate

Landmark Ternate adalah sebuah ikon baru bagi kota Ternate, walaupun baru diresmikan, namun sudah banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya. Selain kolam yang terdapat air yang menari-nari dengan berbagai warna, juga terdapat taman yang dapat digunakan untuk bersantai sembari menikmati keindahan kota. Pembuatan salah satu ikon dari kota Ternate tersebut membutuhkan pengerjaan sekitar 2 tahun. Anggaran yang digunakan untuk pembangunan menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah kota Ternate.

  1. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

Dibangunnya Landmark di kota Ternate juga mempunyai banyak pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat sekitar. banyak para masyarakat yang menjual berbagai produk seperti makanan, ataupun souvenir yang dapat dijadikan oleh-oleh. Makanan yang dijajakan juga merupakan makanan khas Ternate, jadi bagi wisatawan luar kota Ternate dapat mencobanya. Para pedagang juga sangat menikmati hasil dari jualannya, karena sangat ramai dan memberikan keuntungan yang cukup besar.

  1. Sebagai Wadah Ternate Sound System Community (TCC)

Sebelum adanya Landmark Ternate yang terletak di titik 0 kota Ternate TCC tidaklah mempunyai sebuah wadah yang tepat untuk berkumpul. Setelah dibangunnya Landmark, TCC menjadikannya sebagai tempat berkumpul bagi para pemilik sound system kota Ternate dan juga Maluku Utara. Peresmian TCC dilakukan pada 19 – 20 desember 2017 yang juga melantik para pengurus TCC. Tak hanya pelantikan dan juga launching, namun juga diselenggarakannya soundsystem show. Dengan adanya TCC para pemilik sound system akan mempunyai legalitas yang jelas dan akan lebih meningkatkan persatuan atar pemilik.

  1. Memperindah Kota Ternate

Landmark yang dibangun di tengah kota selain mempunyai manfaat bagi warga sekitar di bidang ekonomi, juga mempunyai manfaat lain. Manfaat tersebut adalah dapat memperindah kota, karena bangunan tersebut mempunyai lokasi dekat dengan bekas kantor gubernur Maluku Utara. Tak hanya dekat dengan pusat kota, Landmark juga mempunyai sebuah taman yang dapat dijadikan sebagai tempat bersantai anda.

Banyak warga yang beranggapan bahwa kota Ternate adalah sebuah kota yang sedang berkembang dan mempunyai kemajuan yang cukup pesat dalam bidang pariwisata. Selain menjadi tempat favorit para wisatawan, kota Ternate juga mempunyai potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan. Seperti halnya adalah Landmark yang baru diresmikan sudah menjadi incaran para wisatawan local maupun mancanegara. Selain menjadi tempat mata pencaharian warga sekitar juga menjadi salah satu ikon kota Ternate yang tak boleh anda lewatkan saat melakukan kunjungan wisata.

Source http://ulinulin.com http://ulinulin.com/posts/ingin-berlibur-ke-landmark-ternate-inilah-info-selengkapnya
Comments
Loading...