Landmark Mamuju City

0 113

Landmark Mamuju City

Baru pertama kali menginjak bumi Mamuju, ibu kota Sulawesi Barat, saya langsung tertarik dengan tulisan nun jauh di mata yang bergaya Hollywood punya.  Ya, landmark tulisan Mamuju City bisa jadi ikonnya Mamuju sekarang.  Belum sah ke Mamuju kalau belum berfoto dengan background tulisan tersebut. Hehe.

Saya sengaja menuju Masjid Raya As-Suada, masjid terbesar di Mamuju untuk menunaikan shalat dzuhur.  Di seberang pagar masjid saya dan teman berfoto dengan “Mamuju City” di kejauhan. Lumayan, setelah di-zoom beberapa kali tertangkap juga itu tulisan.

Nah berikutnya, pucuk dicinta ulam tiba.  Seorang rekan dari kantor wilayah Sulawesi Barat mengajak kami dan kawan-kawan berburu tulisan itu ke tempat tulisan dipajang. Wih, penasaran dengarnya.  Ia pun rela jadi driver  kami menuju kawasan Kelapa Tujuh (Anjoro Pitu).

Landmark ini ternyata berada di seberang rumah dinas Bupati Mamuju yang dikenal dengan sebutan Sapota.  Unik ya, rumah bupati ternyata ada di puncak bukit.  Dan ternyata rumah Gubernur Sulawesi Barat juga berada di daerah perbukitan yang lain.  Mungkin stylenya begitu kali ya para kepala daerah di Mamuju, ingin menyepi dari hiruk pikuk keramaian.

Ingin tahu keunikan landmark Kota Mamuju?  Yup, ternyata ia sudah masuk rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sejak tahun 2014, tepatnya saat HUT RI ke-69.  Landmark ini dinyatakan sebagai landmark terpanjang di Indonesia dengan panjang 160 meter dan tinggi 16 meter. Lalu apa saja yang menarik jika kita sudah sampai di kawasan Kelapa Tujuh ini? Ingin tahu, kan?

Yang pasti kita akan disuguhi panorama yang indah, unik dan tiada duanya. Yes, karena dari kawasan inilah kita bisa melihat seantero Kota Mamuju di bawah sana yang luar biasa bikin sepasang mata ini tak berkedip sambil berucap, Subhanallah, so beautiful. Sejauh mata memandang terlihat gundukan tanah memanjang agak oval berada di tengah-tengah hamparan biru lautan.  Itulah dia si Pulau Karampuang yang dikelilingi laut atau tepatnya Teluk Mamuju.

Teluk Mamuju sendiri merupakan lautan yang menjorok ke daratan Sulawesi Barat dan menciptakan hamparan pantai terkenal milik warga Kota Mamuju yakni Pantai Manakkara. Kota Mamuju dengan aneka bangunan gedung yang memadatainya tersembul dari balik dedaunan pohon yang menutupi bukit.

 Jadi saya sarankan jika kawan traveler jalan-jalan ke Kota Mamuju segeralah mampir dengan naik mobil yang kuat menjelajah tanjakan untuk menuju Kelapa Tujuh.  Saksikan eksotisnya Pulau Karampuang dari ketinggian bukit ini secara liveplus laporan pandangan mata kalau bisa.

Source https://sportourism.id https://sportourism.id/my-journey/mengintip-pulau-karampuang-dari-landmark-mamuju-city
Comments
Loading...