Laguna Gayau, Keindahan Alam Tersembunyi di Teluk Kiluan

0 106

Laguna Gayau

Teluk Kiluan sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Terletak di Desa Kiluan – Lampung Selatan, Teluk Kiluan ini bukan hanya menyuguhkan keindahan panorama pantai dan lautan yang selain terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya sekaligus juga terkenal dengan lumba-lumbanya, namun Teluk Kiluan juga menyuguhkan sebuah keindahan tersembunyi berupa kolam renang alami nan eksotis yaitu Laguna Gayau. Laguna Gayau adalah sebuah Laguna yang terletak di balik bukit Kiluan dan terletak berdekatan dengan pantai Gayau yang indah. Pengertian dari Laguna sendiri adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut dengan gugusan batu karang sebagai pembatasnya dan sepintas akan terlihat seperti kolam renang alami.

 

Untuk mencapai Lampung, anda menggunakan jalur darat dan disambung dengan menaiki kapal feri untuk menyeberangi Selat Sunda, dan kemudian untuk menuju Teluk Kiluan dilanjutkan kembali dengan perjalanan darat selama kurang lebih 6 jam. Sedangkan untuk mencapai Laguna Gayau, anda harus melakukan trekking dengan waktu tempuh kurang lebih selama 30 menit.

Menuju Laguna Gayau sangatlah dekat dari tempat  menginap di Teluk Kiluan. Sebelum memasuki jalur trekking menuju Laguna Gayau, pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket seharga Rp.5.000,- per orang. Jalur trekking yang harus ditempuh selama 30 menit merupakan medan trekking dengan jalan tanah berbatu yang menanjak dan menurun. Selama trekking kita bisa menikmati sejuknya udara menuju Laguna Gayau yang masih terasa fresh sambil ditemani pemandangan lautan lepas dari ketinggian bukit.

Setelah sekitar 30 menit-an menyusuri jalur trekking, akhirnya tiba juga di Laguna Gayau. Kaki yang sedikit terasa gemetar akibat trekking dan peluh yang mengalir di sekujur tubuh pun terasa tak berarti jika dibandingkan dengan indahnya pemandangan Laguna Gayau yang ada di depan mata. Kedalaman Laguna diperkirakan berkisar antara 1 sampai 3 meter dan aman untuk berenang ataupun untuk sekedar berendam.

Beberapa pengunjung yang datang ke Laguna Gayau pun ada yang memberanikan diri untuk melakukan lompatan dari batu karang mengarah ke Laguna. Jika dilihat, air di dalam Laguna terlihat sangat jernih berwarna biru kehijauan. Bebatuan yang berada di dasar Laguna pun terlihat jelas, karena air tertembus oleh cerahnya cahaya matahari pada hari itu. Di sisi Laguna pun ada kolam yang lebih kecil dan lebih dangkal dengan ikan-ikan yang saling berkejaran di dalamnya, sekilas nampak seperti akuarium alami.

Sesampainya di Laguna Gayau, ketika sedang menuruni anak tangga saya melihat ada sebuah lubang batu karang yang terletak di sela-sela gugusan batu karang yang ada. Uniknya, lubang batu karang tersebut selalu menyemburkan air dengan percikan yang cukup banyak ketika ombak di lautan sedang berdebur kencang. Menikmati indahnya pemandangan alam di Laguna Gayau tak luput dari kegiatan foto-foto.

Source http://weekendescape.co.id http://weekendescape.co.id/trip/lampung/laguna-gayau-keindahan-alam-tersembunyi-di-teluk-kiluan
Comments
Loading...