Krueng Baru, Sungai Pemisah Abdya-Aceh Selatan

0 7

Krueng Baru

Krueng (sungai) Baru merupakan perpaduan lengkap dari lembah, pegunungan dan sungai berair deras. Lanskap kontas dengan kehijauan membentang menjadikannya salah satu destinasi rekreasi yang murah meriah. Posisinya berada di Kecamatan Lembah Sabil (Abdya) dan Labuhan Haji Barat (Aceh Selatan). Sungai ini menjadi pemisah alami antara keduanya.
Krueng Baru berhulu dari belantara Taman Nasional Gunung Leuser. Sungai berair deras ini memiliki air yang bening dan sejuk. Setiap waktu ada saja manusia yang mengunjunginya, apalagi pada hari-hari besar Islam, Krueng Baru akan penuh sesak didatangi wisatawan. Ada yang pergi untuk meuramin atau meurumok atauberkemah di pantai sungai yang luas.
Menghabiskan sore atau mengisi liburan weekend sering dilakukan oleh penduduk sekitar di sungai pemisah dua kabupaten ini. Pengunjung yang datang ke Krueng Baru biasanya muda-mudi. Mereka menghabiskan waktu untuk sekedar mandi, ngopi atau hanya mencuci kendaraan saja.

Banyak juga hanya sekedar nongkrong di atas jembatannya yang memiliki ketinggian hampir 20 meter. Pengujung akan disuguhkan julang-julang Pegunungan Bukit Barisan, yang paling megah adalah Puncak Leuser yang merupakan puncak tertinggi di Aceh.

Source http://rawohnanggroe.blogspot.com http://rawohnanggroe.blogspot.com/2016/02/krueng-baru-sungai-pemisah-abdya-aceh.html
Comments
Loading...