Kompleks Wisata Candi Lawang Cepogo Boyolali

0 203

Candi Lawang

Kompleks Candi Lawang merupakan salah satu kawasan wisata sejarah. Candi ini adalah saudara kembarnya Candi Prambanan. Di dalam kompleks candi ini terdapat 6 bangunan yang terdiri dari satu bangunan induk, 2 bangunan perwara di kanan kiri bangunan induk, dan 3 bangunan di atas satu batur yang terletak di depan ketiga bangunan tersebut. Dilihat dari susunannya ini tampak seperti saudara kembarnya Candi Prambanan. Jadi, kalau ingin mengetahui candi saudara kembar Prambanan, datanglah ke kompleks candi ini.

Lokasi Wisata Candi Lawang

Candi Lawang ini terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Lokasinya memang tersembunyi dan jauh dari akses jalan yang memadai. Para pengunjung harus bersedia menempuh perjalanan cukup panjang dengan kondisi jalan naik turun di antara pegunungan.

Namun, kesulitan dan rasa lelah Anda akan terbayar dengan lanskap pemandangan pedesaan dan pegunungan di sekitarnya. Lokasi Candi lawang memang terletak di sisi timur Gunung Merapi dengan akses jalan yang minim sehingga gaung kemegahannya hampir tak terdengar oleh masyarakat luas. Tak seperti saudara kembarnyan Candi Prambanan.

Menuju Candi Lawang

Untuk menuju candi ini, pengunjung terlebih dahulu mencari Kecamatan Cepogo yang terletak di jalur Magelang-Boyolali via Ketep Pass. Lokasi Candi Lawang berada di sekitar peninggalan Kasunanan Surakarta, yaitu Pesanggrahan Pratjimohardjo, Cepogo. Setelah tiba di Pesanggrahan, pengunjung bisa menanyakan kepada warga mengenai lokasi Candi Lawang atau Desa Gedangan karena lokasinya agak berkelok-kelok. Jika Anda teliti, maka lokasi ini juga dapat dijangkau dengan menggunakan petunjuk yang tersebar di beberapa penjuru.

Rute Menuju Kompleks Candi Lawang

Dari Magelang bisa langsung menuju Kecamatan Cepogo, Boyolali melalui jalur jalan Magelang – Selo- Boyolali. Demikian juga sebaliknya, bila awal start dari Kota Boyolali untuk bisa sampai ke Kecamatan Cepogo. Di Cepogo, terdapat dua situs candi, yaitu Candi Lawang dan Candi Sari.

Source wisata boyolali
Comments
Loading...