Kompleks Candi Sengi (Candi Asu) Magelang Jawa Tengah

0 110

Candi Asu Sengi

Candi Asu Sengi merupakan salah satu kawasan wisata sejarah yang ada di Magelang. Candi ini Peninggalan Mataram Kuno dari trah Wangsa Sanjaya (Mataram Hindu). Candi ini berada di lereng Gunung Merapi sebelah barat di tepian Sungai Tlingsing Pabelan, tepatnya berada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Atau sekitar 25 Km dari Candi Borobudur ke arah rimur laut.

Asal Muasal Istilah “Asu”

Nama Candi Asu Sengi sebenarnya baru diberikan oleh masyarakat sekitar sewaktu candi ini pertama kali ditemukan. Nama sebenarnya (nama waktu dulu dibangun) belum diketahui secara pasti. Nama Candi Asu di berikan karena sewaktu pertama kali ditemukan ada sebuah patung Lembu Nandhi yang wujudnya telah rusak dan lebih mirip menyerupai Asu (Anjing-dalam bahasa Jawa), dan Sengi merupakan nama Desa dimana candi tersebut berada, maka warga menyebutnya dengan Candi Asu Sengi.

Rute Menuju Kompleks Candi Asu Sengi

  • Anda tahu Ketep Pass? Dari jalan raya Magelang-Yogyakarta, lebih tepatnya di antara Magelang dan Muntilan, Anda akan menemukan sebuah pabrik kertas yang cukup terkenal di daerah Blabak. Di sebelah utara pabrik kertas itu, ada jalan menuju Ketep (yang juga bisa lanjut ke Boyolali atau Salatiga). Ikutilah jalan itu.
  • Kira-kira 10 km dari persimpangan itu, Anda akan berjumpa dengan persimpangan berbentuk huruf Y. Di tengah-tengahnya ada arca Ganesha.
  • Perhatikan bahwa di tengah-tengah persimpangan itu sebenarnya ada jalan kecil. Ikutilah jalan kecil itu sampai menemukan jembatan.

  • Kira-kira beberapa bulan yang lalu sebelum peristiwa lahar dingin melanda, di tengah-tengah antara persimpangan dan jembatan itu ada sebuah candi, yaitu Candi Lumbung Sengi. Akan tetapi candi itu kemudian dipindahkan ke lokasi yang lebih aman mengingat faktor alam yang bisa mengancam keberadaan candi itu.
  • Lewat dari jembatan itu, sekitar 200 m, Anda sudah bisa melihat Candi Asu Sengi di sisi kiri jalan tepat di depan sebuah Sekolah Dasar.
  • Ingat-ingat, di antara sungai kecil dan Candi Asu Sengi, terdapat sebuah jalan setapak yang akan membimbing Anda ke Candi Pendem.
Source wisata magelang
Comments
Loading...