Kompleks Candi Cangga Magelang Jawa Tengah

0 52

Candi Canggal 

Candi Canggal Magelang merupakan salah satu kawasan sejarah yang ada di Magelang. Candi ini  dikenal dengan nama Candi Gunungwukir Magelang merupakan kompleks candi bercorak Hindu yang populer di Jawa Tengah, ada banyak orang yang sengaja datang dari berbagai tempat ke kompleks wisata ini untuk melihat Candi tertua yang ada di Jawa, melihat seluruh bagian-bagian yang ada di kompleks Candi.

Lokasi Candi Canggal 

Candi Canggal terletak di Dusun Canggal, Kalurahan Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini tepatnya berada di atas bukit Gunung Wukir dari lereng gunung Merapi pada perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi Gunung Wukir ini disebut juga Candi Canggal atau Shiwalingga.

Asal Musal Candi Canggal 

Mungkin kemegahan dan keindahan yang dimiliki oleh Candi Canggal tidak sama seperti Candi Borobudur, yang bila dilihat ukurannya saja sudah jauh lebih besar namun Candi Canggal juga memiliki kualitas dan keunikan tersendiri. Dinamakan sebagai Candi Gunungwukir karena berada di lereng Gunung Merapi, di atas bukit Gunung Wukir, perbatasan antara wilayah Jawa Tengah dengan Yogyakarta. Kabarnya Candi Canggal merupakan candi tertua yang berdiri pada zaman pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno, Raja Sanjaya tahun 732 M.

Bentuk Candi Canggal 

Kompleks dari reruntuhan candi ini mempunyai ukuran 50 m x 50 m terbuat dari jenis batu andesit, dan di sini pada tahun 1879 ditemukan prasasti Canggal yang banyak kita kenal sekarang ini. Selain prasasti Canggal, dalam candi ini dulu juga ditemukan altar yoni, patung lingga (lambang dewa Siwa), dan arca lembu betina atau Andini.

Source wisata magelang
Comments
Loading...