Klenteng Kim Hin Kiong Wisata Religi di Gresik

0 123

Klenteng Kim Hin Kiong

Klenteng Kim Hin Kiong merupakan sebuah destinasi wisata bersejarah yang berada di Gresik Jawa Timur. Selain bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang antimainstream, klenteng Kim Hin Kiong juga merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang cukup edukatif. Pasalnya tempat yang satu ini masih melekat dengan kebudayaan, kepercayaan dan sejarah. Jadi selain berwisata, kita juga bakalan mendapatkan serangkaian pengetahuan tentang sejarah, kepercayaan dan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Klenteng Kim Hin Kiong memiliki sebuah ukuran yang sebenarnya tidak begitu besar. Bangunan asli dari klenteng ini hanya ada di depan saya, sedangkan bangunan yang berada di samping hanya hasil dari pelebaran. Akan tetapi pelebaran tersebut tidak mengubah bentuk dari bangunan aslinya sedikit pun. Di bagian kanan klenteng kalian bakalan melihat sebuah panggung Wayang Pa To Hi, dimana panggung Wayang Pa To Hi umumnya ditampilkan hanya pada waktu tertentu saja. Biasanya sih Klenteng Kim Hin Kiong menampilkan Wayang Pa To Hi pada saat hari perayaan ulang tahun klenteng itu sendiri.

Klenteng Kim Hin Kiong juga mempunyai sebuah Hiolo cantik yang berwarna keemasan. Hiolo tersebut berdiri kokoh dan menghiasi area teras depan klenteng. Ornamen kepala naga di keempat kaki dan di sisi depannya membuat Hiolo yang satu ini sukses mempercantik area teras depan. Terlebih ditambah dengan adanya beberapa lampion berwarna dominan merah dan kuning yang terletak di atas Hiolo. Klenteng Kim Hin Kiong berada di Jalan Dr. Setia Budi Gang Klenteng No. 56, Pulopancikan, Gresik, Jawa Timur. Meskipun terletak di tengah-tengah warga yang umumnya beragam islam dan populasi umatnya yang semakin sedikit, klenteng yang satu ini tetap bisa eksis sampai saat ini.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Klenteng-Kim-Hin-Kiong
Comments
Loading...