Keunikan Rumah Panggung Nuwo Sesat Olok Gading, Lampung

0 52

Nuwo Sesat Olok Gading

Disini terdapat objek wisata berupa rumah adat tradisional nusantara. Seperti yang kita tahu, setiap daerah di nusantara memiliki ciri khas tersendiri, tak terkecuali bentuk rumah panggung yang merupakan bangunan khas di masyarakat Lampung. Sejak masa lampau, masyarakat Lampung membangun rumah mereka dengan bentuk punggung, sebagian besar rumah panggung berbahan kayu dan berbentuk panggung seperti umumnya rumah di kawasan hutan tropis.
Bagi masyarakat Lampung, rumah berbentuk panggung berfungsi sebagai perlindungan dari serangan hewan seperti ular dan serangga berbahaya lainnya dikala musim hujan. Di musim panen, bagian bawah rumah panggung pun dapat dijadikan sebagai penyimpan hasil panen atau beberapa alat pertanian. Jadi selain sebagai ciri khas bangunan rumah masyarakat Lampung, rumah panggung juga memiliki fungsi sebagai penunjang aktivitas kehidupan masyarakat Lampung. Salah satu rumah adat nusantara yang menjadi tempat wisata di Lampung adalah rumah adat Nuwou Sesat Olok Gading.

Nuwo Sesat Olok Gading adalah salah satu tempat wisata yang sudah terkenal di Kota Bandar Lampung yang terletak di Kampung Negeri Olok Gading, Teluk Betung, Lampung. Bangunan ini fungsi aslinya adalah sebagai balai pertemuan adat tempat para purwatin (penyimbang) pada saat mengadakan pepung adat (musyawarah), karena itu balai ini juga disebut Sesat Balai Agung.

Hal lain yang khas di rumah sesat ini adalah hiasan payung-payung besar di atapnya (rurung agung), yang berwarna putih, kuning, dan merah, yang melambangkan tingkat kepenyimbangan bagi masyarakat tradisional Lampung Pepadun.  Secara fisik, Nowou Sesat berbentuk rumah panggung bertiang, sebagian besar materialnya terbuat dari papan kayu. Dahulu, rumah Nowou Sesat beratap anyaman ilalang, seiring perkembangan jaman, sekarang atap rumah adat ini sudah menggunakan genting.

Gambar terkait

Arsitektur rumah panggung khas Lampung memiliki filosofi tersendiri, bentuk bangunan ini merefleksikan semangat keterbukaan, kekuatan, kenyamanan dan keindahan. Selain itu, di Lampung rumah tinggal di bangun berangkat berdasarkan prinsip buway struktur sosial yang menyatu dengan teritorial. Itulah mengapa, rumah orang Lampung biasanya didirikan dekat sungai dan berjajar sepanjang jalan utama yang membelah tiyuh atau kampung. Sedangkan setiap tiyuh terbagi lagi dalam beberapa bagian yang disebut bilik yaitu tempat berdiam buway. Bangunan beberapa buway membentuk kesatuan territorial yang disebut marga. Dalam setiap bilik terdapat sebuah rumah klan yang besar disebut nuwou menyanak. Rumah ini selalui dihuni oleh kerabat tertua yang mewarisi kekuasaan memimpin keluarga.

Untuk masuk ke dalam rumah adat Nuwou Sesat, anda harus menaiki anak tangga yang berada di depan dan di sebelah samping. Selain terdapat ukiran, yang menjadikan keunikan rumah ini juga terletak pada bagian bawah bangunan terdapat tiang-tiang yang berfungsi sebagai penyangga bangunan diatasnya. Susunan papan kayu dijadikan sebagai lantai, begitu juga dengan dindingnya.Konstruksi rumah yang dibuat cenderung tinggi dimaksudkan untuk menghindari serangan hewan liar. Selain itu susunan papan pada rumah adat ini dapat meminimalisir kerusakan dan mampu bertahan apabila terjadi gempa bumi, mengingat letak provinsi Lampung terletak pada pertemuan lempeng Asia dan Australia.

 

Source http://www.pain-base.com http://www.pain-base.com/2017/04/melihat-keunikan-rumah-panggung-nuwo.html
Comments
Loading...