Keunikan ” Rumah Adat Bantayo Poboide” di Gorontalo

0 56

Rumah adat merupakan lambang kebanggaan suatu daerah yang perlu dijaga dan dilestarikan. Bahkan bila perlu menjadi satu sumber obyek wisata yang bisa menggenjot pendapatan daerah. Demikian halnya Bantayo Poboide di Limboto, Kabupaten Gorontalo perlu dipoles guna mengembalikan ke tataran semula.

Pembangunan rumah adat itu sendiri konon berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para tetua adat untuk membahas sebuah prosesi adat. Salah seorang budayawan Gorontalo Irwan Hamzah mengatakan, rumah adat untuk Gorontalo pada umumnya sama meski nama di tiap-tiap daerah berbeda, tetapi yang jelas fungsi dari rumah adat itu semuanya sama. ”Itu berfungsi untuk musyawarah adat oleh pemuka adat,” jelas Irwan.

 

Selain itu, rumah adat juga berfungsi sebagai tempat semua kegiatan adat seperti pagelaran budaya atau pemberian adat dan sejenisnya. ”Semua aktifitas itu dilakukan di rumah adat,” paparnya. Namun disayangkan saat ini rumah adat tersebut tinggallah sebuah bangunan yang terlihat sunyi dan hanya menyimpan beberapa peralaan adat serta benda benda sejarah dan tak ada lagi kegiatan prosesi adat yang dilakukan di lokasi tersebut.

Sehingga diharapkan pemerintah bisa membenahi rumah adat tersebut dan bisa menjadikan fungsi rumah adat tersebut kembali pada tataran semula. Meskipun saat ini pemerintah daerah tetap memelihara keberadaan rumah adat tersebut, namun diharapkan upaya pemerintah dalam hal lebih memperkenalkan dan menjadikan rumah adat ini sebagai salah satu lokasi tempat pagelaran adat sehingga menarik kunjungan wisata.

Source https://wa-iki.blogspot.com https://wa-iki.blogspot.com/2011/05/menelusuri-rumah-adat-bantayo-poboide.html
Comments
Loading...