Keunikan Kampung Wee Lewo, di Pulau Sumba

0 41

Kampung Wee Lewo

Kampung Wee Lewo adalah sebuah kampung tua dimana orang-orang di wilayah Wewewa pertama kali tinggal di kampung ini. Kampung Wee Lewo Berlokasi di Desa Mareda Kalada, kec. Wewewa Timur, kab. Sumba Barat. Terdapat 9 rumah ada (Uma Kalada) dan 100 kubur batu tua yang masih asli dari jaman dahulu, serta terdapat beberapa benda kuno peninggalan nenek moyang seperti Parang terbuat dari kuningan, parang dengan gagang terbuat dari gading, gong dulu, tambur dari kulit manusia, patung yang dikeramatkan dan masih banyak benda – benda kuno lainnya.

  

Kampung Wee Lewo terkenal karena di dalam kampung terdapat tempat – tempat yang dikeramatkan. Setiap kampung di Sumba Barat Daya terdapat halaman yang luas sebagai tempat pemotongan hewan (dalam bahasa daerah disebut “Natara”), namun yang aneh dari kampung Wee Lewo hanya memiliki “Natara” berukuran 3 x 3 m dan saat upacara adat dapat menampung sampai seratus orang lebih di dalam area tersebut. Selain itu terdapat juga rumah adat yang tidak diperbolehkan adanya penerangan dan ketika masuk ke rumah adat tersebut ada tata cara yang harus di taati. Terdapat juga tempat yang dikeramatkan dan tidak diperbolehkan orang melintasi tempat itu.

Banyaknya keanehan – keanehan tersebut menjadi bukti bahwa masyarakat di kampung Wee Lewo sangat mempertahankan adaat dan tradisi Marapu yang terus dilakukan secara turun temurun. Kampung Wee Lewo sering dikunjungi oleh para wisatawan yang melintasi jalur Tambolaka – Waikabubak – Waingapu, karena letak kampung ini dekat dengan jalur utama dan sangat mudah dijangkau hanya dalam waktu 10 menit dari jalur utama.

Source http://kartikacandra.com http://kartikacandra.com/wisata-tambolaka/
Comments
Loading...