Kesejukan Curug Panglebur Gongso Wisata Alam Kendal

0 115

Curug Panglebur Gongso

Curug Panglebur Gongso atau serta dinamakan oleh penduduk lebih kurang juga sebagai Curug Gonso merupakan salahs atu wiasat air terjun yang berada di kaki bukit Gunung Ungaran. Curug ini mempunyai ketinggian kurang lebih 7 m saja & di bawahnya terdapat kolam yg sanggup difungsikan buat mandi atau berenang. Tidak jauh dari curug ini terdapat Air Terjun 7 Bidadari berada.

Sejarah Curug Panglebur Gongso

Mitos yang ada menyatakan bahwa air terjun itu dulunya ialah second pertapaan Aditya Kumbokarno, tokoh dalam pewayangan ramayana yang berujud raksasa tetapi berhati ksatria, dalam usahanya melebur dosa yang gugur dalam pertempuran membela negaranya, Alengka. Nama “Panglebur Gongso” sendiri diambil dari ksatrian Kumbokarno berasal. Sebelum bertolak raksasa ini meninggalkan jejak kaki yang hingga waktu ini masihlah nampak dibebatuan atas grojoggan. Tidak Hanya itu terdapat pula suatu goa, yang terletak di kanan bawah Curug, yang menurut mitos penduduk setempat tembus hingga kemasjid demak. Goa ini kepada satu buah peluang sempat dieksplorasi oleh sekian banyak mahasiswa yang sampai kedalaman 100 m tetapi masihlah belum terlihat ujungnya.

Lokasi Curug Panglebur Gongso

Curug ini berada di desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Atau berada di jalan.Raya Sumowono – Limbangan KM 6.

Akses Menuju Curug Panglebur Gongso

Untuk menuju kemari bukanlah hal yang sulit, ada beberapa rute yang bisa anda lewati. Yang paling mudah adalah jika dari Candi Gedong Songo ambil arah menuju Utara ( Kendal ) kurang lebih 10 KM. Curug ini berada dibawah grojogan Klenting Kuning, dari situ kebawah lagi maka nanti akan ada spanduk di pinggir jalan ( kiri jalan ). Jika anda dari Kendal, ambil arah ke Sumowono dengan melewati jl.Sumowono – Limbangan nanti akan ada spanduk di kanan jalan. Untuk menuju kesini bisa menggunakan mobil dan sepeda motor. Jarak antara lokasi parkir dengan lokasi curug sekitar 300 meter dengan jalan kaki atau sekitar 15 menitlah.

Harga Tiket Curug Panglebur Gongso

Harga Tiket masuk  Curug Panglebur Gongso anda hanya membayar Rp.4.000/ motor orang saja.

Source wisata wisata air terjun
Comments
Loading...