Kemegahan Patung Budha Tidur Vihara Dharma Giri, Bali

0 84

Kemegahan Patung Budha Tidur

Patung Budha Tidur Vihara Dharma Giri di Tabanan menjadi salah satu ikon wisata di Bali. Meski merupakan tempat peribadatan bagi umat Budha, nyatanya Vihara Dharma Giri selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan non Budha. Keberadaan Patung Budha Tidur inilah yang menjadi magnet penarik kedatangan para wisatawan.

Masuk ke Vihara Dharma Giri, Anda harus memarkir kendaraan di luar gerbang vihara. Setelah masuk pintu gerbang, akan tampak tangga dengan kanan kiri dijaga oleh patung yang berbentuk naga. Naik tangga sedikit, akan tampak sebuah meja untuk menulis buku tamu di sebelah kanan. Di meja ini juga terdapat kotak donasi untuk diisi secara sukarela. Naik lagi akan tampak sebuah tugu Prasasti Asoka.

  

Kemegahan Patung Budha Tidur

Prasasti ini berupa sebuah tugu tinggi dengan tiga kepala singa berada di ujungnya. Prasasti Asoka ini berisi tentang bagaimana harus menghormati pemeluk agama lain sehingga tercipta toleransi dan kerukunan beragama. Naik ke atas lagi tepat di ujung tangga teratas, tampaklah megahnya Patung Budha Tidur. Patung besar berwarna putih itu tampak indah dengan segala ornamen penghiasnya.

Di lokasi inilah kebanyakan wisatawan yang datang berfoto selfie untuk mengabadikan momen di Vihara Dharma Giri. View yang tampak dari kejauhan adalah hijaunya alam pegunungan. Berfoto dengan latar Patung Budha Tidur ditambah hijau dan segarnya alam Tabanan bisa menjadi momen tak terlupakan ketika Anda berkunjung ke Bali.

Tips Saat Berkunjung ke Patung Budha Tidur

Pengunjung yang ingin berfoto di dekat Patung Budha Tidur, harus melepas alas kaki untuk menjaga kebersihan lantai. Karena merupakan lokasi peribadatan, maka pengunjung yang datang harus menjaga norma dan adab kesopanan.

Pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan celana pendek. Kalaupun sudah terlanjur, Anda bisa meminjam kain yang telah disediakan oleh pihak vihara untuk penutup kaki. Di Vihara Dharma Giri, Anda akan menemui sebuah patung Budha yang duduk di atas bunga teratai. Di belakang Patung Budha ini tanpak patung ular cobra berkepala tujuh yang melindungi Sang Budha. Terdapat juga sebuah pagoda beratap tiga yang kian tampak indah dengan kolam di sekililingnya.

Untuk umat Budha yang ingin melakukan peribadatan bisa melakukannya di bangunan utama vihara. Bangunan utama ini hanya diperuntukkan bagi umat Budha yang ingin sembahyang. Wisatawan yang tidak berkepentingan dilarang memasuki ruangan vihara. Puas berfoto-foto sambil menikmati keindahan alam di Vihara Dharma Giri, Anda bisa rehat sejenak dengan membeli minuman atau makanan kecil yang dijual di sana. Fasilitas kebersihan seperti toilet dan kamar mandi juga tersedia. Jadi tidak perlu risau jika Anda kebelet pipis.

Akses Menuju Lokasi Patung Budha Tidur

Vihara Dharma Giri berlokasi di Jalan Raya Pupuan No.1, Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali. Untuk mencapainya cukup mudah karena akses jalan sudah mulus. Jika Anda memerlukan bantuan Google Maps, lokasinya sudah akurat sehingga sangat mudah ditemukan. Bila Anda berangkat dari Kota Tabanan, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan hingga sampai di lokasi Vihara Dharma Giri.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/menyaksikan-kemegahan-patung-budha-tidur-vihara-dharma-giri-tabanan-001604.html
Comments
Loading...