Kemegahan Masjid Nurussalam di Kab.Tanah Bumbu

0 66

Tanah Bumbu mungkin saja hanya merupakan satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang cukup jauh dari ibukota provinsi, Kota Banjarmasin. Namun, Tanah Bumbu yang terdiri dari sepuluh kecamatan tersebut tengah giat membangun berbagai infrastruktur kota, salah satunya adalah Masjid Agung Nurussalam di Kecamatan Batulicin. Masjid tampak megah dengan bentuknya yang unik, kubah besar, serta dominasi warna biru cerah yang mencorong.

Bentuk dasar bangunannya bulat, berbeda dengan kebanyakan masjid dan bangunan lain di Indonesia yang biasanya kotak. Di bagian luar, bentuk bundar masjid dihiasi bukaan yang menerobos masuk ke ruang utama masjid. Atap masjid yang berbentuk oval melancip bertingkat dua sekilas mirip bentuk atap depan Teater Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah dan Sidney Opera House.

Bukaan jendela dipisahkan menjadi empat sisi yang dibatasi oleh empat menara dinding dengan kubah kecil di atasnya membentuk empat sudut pada tubuh bangunan, sehingga terdapat pola empat sisi bukaan lancip. Pola ini sangat padu dengan kubah besar yang juga bulat dengan warna cerah senada.

Bentuk bundar juga berpengaruh pada bagian dalam ruang masjid. Ruang utama ibadah terlihat berbeda dari ruang utama masjid pada umumnya. Ruang utama tampil lapang dan minimalis dengan dominasi putih dan jendela terawang yang mengelilingi ruang. Jendela terawang ini sekaligus berfungsi sebagai dinding.

Di lantai dua yang juga melingkar membentuk mezzanine, aksen jendela terawang diberi elemen hias kaca patri di bagian tengah. Pada siang hari, kaca tersebut akan merefleksikan cahaya alami matahari dari luar sehingga membentuk sorot cahaya yang eksotis. Secara keseluruhan, konsep dinding dengan model jendela terawang ini juga membuat pencahayaan dari luar bebas menerobos masuk.

Dapat dikatakan, bangunan ini sedikit banyaknya telah menerapkan konsep bangunan hemat energi. Masjid yang berdiri di tengah kawasan perkantoran Kabupaten Tanah Bumbu itu diberi nama Nurussalam dengan harapan akan membawa kedamaian dan keselamatan bagi umat Islam di wilayah tersebut.

Source http://duniamasjid.islamic-center.or.id http://duniamasjid.islamic-center.or.id/853/masjid-nurussalam/
Comments
Loading...