Kelenteng Dewi Laut, Kota Pangkal Pinang

0 12

Kelenteng Dewi Laut

Pulau Bangka Tidak melulu soal pantai, ternyata di pulau ini juga Anda bisa berwisata religi. Salah satunya adalah Kelenteng Dewi Laut, bangunannya cantik ditambah pemandagan yang ciamik. Selain identik dengan pantai Pulau Bangka pun sering diidentikkan dengan kelenteng, tempat ibadah pemeluk Kong Hu Cu yang memang banyak bermukim disana.

Salah satu kelenteng paling bersejarah di sini adalah Kelenteng Kwan Tie Miaw yang terletak di tengah-tengah Kota Pangkalpinang. Bersejarah karena konon katanya sudah berusia ratusan tahun. Selain kelenteng itu, masih banyak kelenteng lain yang ada di Pangkalpinang, salah satu yang menyajikan pemandangan cantik adalah Kelenteng Dewi Laut. Cantiknya kelenteng ini semakin cantik karena letaknya yang menghadap langsung ke laut.

Kelenteng ini terletak di kawasan Pantai Tanjung Bunga, bagian selatan Pantai Pasirpadi. Pura Penataran Agung, tempat ibadah pemeluk Hindu di Pulau Bangka yang selalu ramai oleh pengunjung saban hari karena arsitekturnya yang seolah-olah sedang berada di Pulau Bali.

Rupanya selain pura di kawasan itu sedang di bangun sejumlah tempat ibadah, seperti vihara (Buddha) dan Kelenteng Dewi Laut itu sendiri yang sedang dalam tahap penyelesaian. Bila tak salah mengidentifikasi, tak jauh dari vihara yang sedang dibangun ada kerangka masjid yang sayangnya terbengkalai. Sekilas bangunan itu juga mirip balai pertemuan dengan artisektur Melayu

Saat memasuki kawasan kelenteng, keunikan lain pun kian tampak. Di bagian depan kelenteng ini terdapat patung-patung seluruh shio yang ada dalam penanggalan Tiongkok, seperti Babi, Anjing, Tikus, Kera, Kuda, dan masih banyak shio lain. Uniknya lagi, patung-patung itu dibangun atas sumbangan para sukarelawan yang namanya tertera di bagian bawah patung shio. Hampir semua ornamen atau perlengkapan yang ada di kelenteng ini merupakan hasil sumbangan dari pemeluk Kong Hu Cu.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2796989/n-a
Comments
Loading...