Keistimewaan Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat

0 21

Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta dengan segala keistimewaan, keunikan dan kemegahannya menjadi salah satu obyek wisata religi yang selalu ramai dikunjungi umat Islam. Berikut panduan wisata untuk Anda. Tak sekadar melepas penat dan menunaikan ibadah, destinasi wisata yang satu ini memberikan satu tempat yang penuh dengan nilai filosofis dan sejarah.

Sebelum masuk ke masjid, kendaraan akan diparkirkan di sebelah kiri. Di sana, pengunjung disambut puluhan pedagang yang menawarkan aneka suvenir ala Jakarta, mulai dari kaos, baju, hingga cinderamata atau oleh-oleh lainnya. Begitu keluar dari kawasan pedagang, pengunjung akan disambut semacam tembok besar bertuliskan “Masjid Istiqlal: Taman Wijayakusumah, Jakarta.” Anda juga akan menyaksikan kemegahan mahakarya bangunan masjid yang unik dan istimewa, serba segi empat.

Keistimewaan Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal ini berada di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710. Ada satu hal yang mungkin Anda lihat saat pertama kali memasuki kawasan Masjid Istiqlal. Ya, menara tinggi dengan desain meruncing pada bagian atas. Gaya desainnya yang megah mengingatkan pada keagungan Islam, serta kemuliaan umat Muslim. Menara ini dibuat dengan ketinggian 6.666 cm yang sama dengan jumlah ayat dalam Kitab Suci Al Quran. Pada bagian atas, terdapat pinnacle atau kemuncak meruncing sepanjang 30 meter, sehingga ketinggiannya mencapai sekitar 96 meter.

Ada 7 pintu masuk menuju bagian dalam Masjid Istiqlal. Ketujuh pintu itu diberi nama diambil berdasarkan Asmaul Husna, nama-nama Allah yang sangat mulia. 7 pintu tersebut adalah Al Fattah (gerbang pembuka), As Salam (Gerbang Kedamaian), Ar Rozzaq (gerbang rezeki) Al Quddus (gerbang kesucian), Al Malik (gerbang raja), Al Ghaffar (gerbang ampunan), dan Ar Rahman (gerbang pengasih). Sungguh istimewa indahnya.

Keistimewaan wisata di Masjid Istiqlal selanjutnya adalah bedug raksasa. Bedug ini berukuran panjang 3 meter, berat 2.300 kilogram, diameter depan 2 meter dan belakang 1,71 meter. Bedug ini dibuat dari kayu meranti merah dari pohon yang berusia 3 abad (300 tahun). Kayu bedug yang menyimpan sejarah itu diambil dari sebuah hutan di Kalimantan Timur. Tak hanya itu, peyangga bedug dengan tinggi 3,8 meter, panjang 3,45 meter dan lebar 3,4 meter terbuat dari kayu jati tua dari Hutan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang dikenal angker dan mistis.

Fasilitas Masjid Istiqlal

Berbicara soal sarana, prasarana dan fasilitas, di sini sangat lengkap. Mulai dari karpet, rak Alquran, sketsel, sarana olahraga, tenaga listrik untuk penerangan, tenaga hydrofour, AC, sound system, air mancur, TV, dan komputer. Ada juga fasilitas air yang cukup, ruang wudlu, WC atau toilet, kamar mandi, lift bagi penyandang cacat, perpustakaan Islami, poliklinik, madrasah, koperasi untuk karyawan dan jamaah. Semuanya sangat lengkap dan benar-benar menawarkan satu konsep tempat ibadah Islam yang sangat representatif untuk wisata religi di ibu kota Indonesia, Jakarta.

Source http://www.tribunwisata.com http://www.tribunwisata.com/2016/09/panduan-wisata-di-masjid-istiqlal-jakarta-dan-keistimewaannya.html
Comments
Loading...