Keindahana Curug Cikaracak Bogor Jawa Barat

0 248

Curug Cikaracak

Berwisata air ke curug atau air terjun di Bogor, Jawa Barat sepertinya tidak ada habis-habisnya. Kota Hujan ini memiliki “seribu” curug yang selalu jadi pilihan untuk menghisi waktu berlibur. Curug Cikaracak merupakan salah atu wisata alam yang berada di Bogor Jawa Barat, Curug menjadi salah andalan wisata Bogor karena memang Kota Hujan ini terletak di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede. Tak heran, spot-spot terbaik aktivitas fotografi di banyak curug di Bogor menghiasi halaman media sosial.

Curug Cikaracak terletak di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor atau berjarak 15 km dari Ciawi. Salah satu curug yang tak banyak diketahui yaitu Curug Cikaracak. Bagi orang Sunda, kata “cikaracak” tidak asing. Kata itu ada dalam peribahasa Sunda “cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok” artinya cucuran air menimpa batu sedikit demi sedikit jadi berlubang.

Peribahasa Cikaracak itu untuk menggambarkan bahwa kesungguhan atau usaha yang dilakukan terus menerus akan membuahkan hasil. Meski hanya air, tapi kalau terus menerus menimpa batu, batu yang keras sakalipun akan berlubang juga.

Panasaran dengan kata “cikaracak” itu? Salah satu tempat wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki nama “cikaracak”, yaitu Curug Cikaracak. Curug cikaracak memang sangat indah. Curug Cikaracak memiliki dua air terjun dengan masing-masing 40 meter dan 20 meter.

Bagian bawah Curug Cikaracak dipenuhi bebatuan. Di bagian air terjun itu, terbentuk kolam. Selain menjadi tempat berfoto ria, kolam di bawah air terjun juga menjadi tempat berenang para pengunjung. Selain itu, aliran air membentuk aliran sungai juga tak luput jadi tempat bermain air wisatawan.

Untuk mencapai Curug Cikaracak memang perlu tenaga ekstra. Curug Cikaracak terletak di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin. Kampung Cibeling berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Kota Bogor. Dari Cibeling, Anda harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekira 2 kilometer.

Perjalanan menuju Curug Cikaracak tak kalah menyenangkan. Anda akan terlebih dahulu melewati persawahan penduduk dan kawasan hutan Gede Pangrango. Sebelum sampai ke Curug Cikaracak, Anda sudah disuguhkan dengan pemandangan indah.

Source wisata detiktravel
Comments
Loading...