Keindahan Wisata Wildlife Rescue Centre (WRC) Jogja

0 47

Wildlife Rescue Centre (WRC) Jogja

Wildlife Rescue Centre (WRC) Jogja merupakan sebuah field project di bawah Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta, sebuah NGO local yang diketuai oleh GKR Pembayun. Di sini terdapat banyak satwa liar hasil sitaan atas kepemilikan illegal dan perdagangan illegal satwa, seperti orang utan, owa dan siamang. Di lahan seluas 14 hektar ini ada ratusan satwa liar tersebut direhabilitasi dan difasilitasi agar dapat dikembalikan ke habitat asalnya.

Salah satu fasilitas yang berada di area WRC ini adalah orangudome, semacam kubah (dome) untuk orang utan yang dibuat menyerupai hutan asli layaknya tempat tinggal mereka di alam liar. Dua orangudome berukuran kecil (14x14x8 meter) dapat menampung 8-12 orang utan. Kubah ini berfungsi sebagai kubah introduksi yang digunakan untuk mengobservasi orang utan hasil sitaan atau penyerahan sukarela dari masyarakat. Selain kubah kecil, terdapat pula kubah super besar yang berdiameter hingga 125 meter dengan ketinggian mencapai 25 meter. Orang utan yang telah diobservasi nantinya akan ditempatkan di sini.

Wildlife Rescue Center Jogja adalah suatu lembaga  yang bergerak dibidang konservasi satwa liar yang terancam punah yang dilindungi. Wildlife Rescue Center Jogja bukan hanya berfungsi untuk memelihara, mengamati dan perlindungan satwa liar tetapi disediakan juga fasilitas lainnya untuk mendukung berbagai kegiatan outbond. WRC Jogja juga memiliki produk jasa yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas seperti penyewaan ruang meeteing, outbong, high rope games, dan program pendidikan konservasi. Hal ini bertujuan untuk mendukung upaya konservasi serta operasional rehabilitasi satwa liar yang dilindungi. Disini Anda akan dapat melihat berbagai macam primata seperti Monyet, Beruk, dan Owa Jawa. Luas area Wildlife Rescue Center Jogja ini seluas 14 hektar.

Lokasi Wisata Wildlife Rescue Center Jogja

Wisata Wildlife Rescue Center Jogja berada di Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Kec. Pengasih , Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda dapat mengabadikan momen di lingkungan WRC Jogja ini, tapi ingat Anda harus berhati-hati, jangan sampai ada satwa yang panik karena melihat flash handphone atau kamera Anda. Mengingat akses menuju Kulon Progo terbilang akses yang kurang baik, sangat disarankan Anda mnggunakan sepeda motor. Bagi Anda yang berasal dari luar jogja tentunya tidak memiliki kendaraan pribadi selama berlibur di Jogja.

Source https://eksotisjogja.blogspot.co.id https://eksotisjogja.blogspot.co.id/2017/10/wisata-edukasi-taman-satwa-wildlife-rescue-center-jogja-di-kulon-progo-yogyakarta.html
Comments
Loading...