Keindahan Wisata Waduk Sidodadi di Banyuwangi

0 148

Waduk Sidodadi

Waduk Sidodadi merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore. Lokasinya berada di wilayah PTPN XII, tepatnya di Afdelling Sidodadi, Perkebunan Kalirejo Glenmore. Karena itu waduk ini disebut Waduk Sidodadi. Waduk Sidodadi ini berfungsi sebagai pengairan lahan perkebunan di Kebun Kalirejo, juga dimanfaatkan sebagai wahana wisata.

Bentuk waduk agak berbeda dengan waduk pada umumnya yang membentang luas sehingga mampu menampung air sebanyak mungkin. Waduk Sidodadi seperti sengaja didesain tidak simetris, tapi membentuk pola tertentu, seperti lengkungan dan kanal-kanal, menyisakan daratan di tengah waduk yang terkesan seperti sebuah pulau-pulau kecil yang dikelilingi lautan. Dengan begitu terlihat lebih menarik.

Fasilitas Waduk Sidodadi

Meskipun belum lengkap, namun fasilitas mendasar untuk pengunjung telah tersedia, seperti toilet, musola dan lokasi parkir yang sangat luas. Juga tersedia motor ATV, Gokart dan mini trail bagi pengunjung untuk mengelilingi waduk. Soal kebersihan tempat juga telah dipikirkan pihak pengelola dengan cukup banyak menyediakan tong-tong sampah di berbagai lokasi.

Sedangkan bagi pengunjung yang lapar setelah berkeliling waduk, tersedia Warung Sidodadi yang menyediakan aneka menu. Secara bertahap fasilitas lain yang menunjang kenyamanan berwisata akan dibangun. Saat ini ini pengunjung waduk hanya dikenakan ongkos parkir kendaraan. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin berkeliling waduk dapat menyewa perahu  dengan ongkos Rp 10 ribu atau sewa bebek Rp 25 ribu.

Akses Menuju Waduk Sidodadi

Posisi Waduk Sidodadi memang sangat strategis. Selain lokasinya tepat berada di sebelah timur Jalan Lintas Selatan, jaraknya hanya sekitar 2 km dari jalan raya Banyuwangi-Jember. Apalagi lokasinya masih sejalur dengan Pabrik Gula Glenmore, yang juga masih dalam tahap pembangunan, yang diproyeksikan sebagai pabrik gula terbesar dan termodern di Indonesia. Untuk mencapai waduk Sidodadi dapat menggunakan motor atau mobil.

Jalan Lintas Selatan sendiri merupakan proyek jalan raya sepanjang 660 km yang menghubungkan Kabupaten Pacitan sampai Banyuwangi  yang melintasi 8 kabupaten (Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan). Saat nanti jalan tersebut selesai pada 2019, diproyeksikan perekonomian di wilayah pesisir selatan Jawa Timur otomatis akan terdongkrak, termasuk Kecamatan Glenmore tentunya, yang wilayahnya dilewati jalan lintas selatan.

Source http://www.banyuwangibagus.com http://www.banyuwangibagus.com/2015/12/waduk-sidodadi-wahana-wisata-baru-di-banyuwangi.html
Comments
Loading...