Keindahan Wisata Umbul Pluneng di Klaten

0 12

Umbul Pluneng

Umbul Pluneng merupakan salah satu wisata air yang berada di Padukuhan Pluneng, Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. Lokasinya mudah dijangkau kendaraan. Kira-kira 5 km ke Barat dari kota Klaten atau 3 km di sebelah Utara Pabrik Gula Gondangbaru. Terdapat 2 umbul di sini, yaitu Umbul Tirto Mulyani di Timur jalan dan Umbul Tirto Mulyo di sebelah Barat.

Umbul Tirta Mulyani juga dikenal dengan sebutan Umbul Cilik atau Umbul Wadon. Karena ukurannya yang lebih kecil dibanding Umbul Tirto Mulyo dan sering digunakan oleh kaum perempuan. Letaknya dekat dengan Umbul Brintik. Memiliki kedalaman air sekitar 1,5 meter dengan kejernihan air memperlihatkan dasar kolam secara jelas.

Umbul Tirto Mulyo juga biasa disebut Umbul Gedhe atau Umbul Lanang. Umbul ini terbagi menjadi 3 bagian sesuai kedalamannya, yaitu 2,5 meter, 2 meter dan 1 – 1,5 meter. Air di sini sama beningnya dengan Umbul Tirto Mulyani.

Untuk masuk ke Umbul Gedhe diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp 5.000 sudah termasuk biaya parkir di dalam. Kita juga bisa menggunakan jasa pencucian kendaraan di sini lho. Ongkosnya sangat murah, yakni Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 3.000 untuk roda empat.

Itulah sekelumit umbul yang ada di Kota Klaten. Benar-benar menyejukkan mata ya, pemandangannya. Terlebih jika kita telah merasakan kesegaran airnya. Jangan salahkan diri Anda jika makin terpesona dengan kekayaan alam Jawa Tengah ini.

Source https://rumahsurgablog.wordpress.com https://rumahsurgablog.wordpress.com/2016/10/29/pesona-nagari-seribu-oemboel-bersinar-di-jawa-tengah/
Comments
Loading...