Keindahan Wisata Situ Pamulang di Tangerang

0 56

Situ Pamulang

Situ Pamulang merupakan salah satu wisata alam Situ Pamulang memiliki area yang cukup luas. Wilayahnya tersebar diantara Kecamatan Pamulang Barat, Pamulang Timur, serta Ciputat. Namun secara resmi danau tersebut tercatat dengan alamat Jalan Raya Pajajaran, Kedaung, Pamulang Barat, Tangerang. Selain sebagai tempat resapan air, danau dengan luas mencapai 25 hektar tersebut dimanfaatkan sebagai sumber air untuk daerah sekitarnya.

Masyarakat sekitar juga berusaha mengambil memanfaatkan ekonomi dari Situ Pamulang. Mereka mencoba membuat tambak ikan dan membudidayakan ikan air tawar termasuk mujair. Inisiatif tersebut boleh dikatakan berhasil karena Danau Pamulang menjadi ramai dikunjungi pemancing. Hingga tahun 2011 ada enam kolam ikan di sekitar danau.

Daya Tarik Situ Pamulang

Selain untuk memancing, Situ Pamulang juga dikunjungi karena kisah misterinya. Banyak pengunjung yang penasaran dengan legenda Kedung Buaya yang konon berada tepat di tengah danau. Menurut penuturan warga sekitar, sering ada penampakan buaya di permukaan danau. Puluhan tahun lalu, penampakan mistis tersebut dikaitkan dengan adanya bahaya. Berdasarkan cerita yang berkembang, penampakan buaya selalu diikuti dengan tenggelamnya warga luar Pamulang di danau.

Meski belum tertata dengan baik, Situ Pamulang menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi warga Pamulang dan sekitarnya. Pengunjung yang tidak datang untuk memancing biasanya menghabiskan waktu dengan piknik atau duduk santai sambil menikmati pemandangan danau yang teduh. Kawasan sekitar danau memang ditumbuhi pepohonan hijau sehingga cocok dijadikan tempat bersantai. Di sekitar danau juga sudah terdapat tempat penjaja makanan jadi pengunjung tidak perlu repot bila lupa membawa bekal.

Akses Menuju Situ Pamulang

Bila ingin mencoba memancing mujair di Situ Pamulang, Anda bisa datang langsung ke Kota Tangerang Selatan. Dari Jakarta, arahkan kendaraan Anda ke Tangerang lewat Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dan selanjutnya masuk ke Jalan Ir. H. Juanda. Dari sana lanjutkan ke Jalan Jakarta-Bogor dan belok ke Jalan RE Martadinata. Terakhir, belok kiri ke Jalan Asrama Polri. Danau yang Anda tuju ada di ujung jalan tersebut.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/tangerang/memancing-mujair-di-situ-pamulang/
Comments
Loading...