Keindahan Wisata Sejarah Gua Cilayang di Serang

0 120

Gua Cilayang

Gua Cilayang merupakan salah satu wisata sejarah yang berada di Desa Cilayang Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang ini masih amat sangat perawan dan jarang sekali orang mengetahui bahwa di Desa Cilayang terdapat goa alam. Ketika berkunjung kesana bersama rombongan tim observasi SMA Negeri 1 Kragilan dan SMP Negeri 2 Kragilan mendapati kondisi sekitar gua sangat rimbun oleh pepohonan dan akses kesana pun melalui jalur perkebunan warga. Namun bukan berarti tempat ini masih rimba, karena penjaga Gua Cilayang sangat menjaga kebersihan baik di sekitar mulut gua maupun akses kedalamnya.

Kampung ini juga lebih familiar disebut Cilayang Guha oleh warga sekitar dan akses menuju Gua Cilayang  bisa ditempuh dari Jalan Sentul-Nyapah maupun dari Jalan Cikeusal-Mongpok. Dan bila kalian dari Rangkas bisa ambil arah Warung Gunung-Petir maupun Pamarayan. Gua Cilayang ini terkenal mistis oleh warga sekitarnya dan menurut penuturan Ibu Jayunah si juru kunci Gua Cilayang yang umurnya hampir 60an mengatakan ada saja orang yang datang ke Gua Cilayang dengan tujuannya masing-masing, seperti bersemedi dan ritual lainnya.

Terlepas dari hal-hal mistis tersebut yang pasti kondisi Gua Cilayang masih terjaga dan berkat Ibu Jayunah juga beliau tidak kenal lelah menjaga kebersihan serta merawat keindahan sekitar Gua Cilayang. Di sekitaran mulut Gua Cilayang terdapat dua sumur yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Jadi buat kalian yang saat ini sedang berkunjung ke Kabupaten Serang tidak ada ruginya melihat keindahan Gua Cilayang dari dekat dan bila perlu menyusuri sampai ke perut gua sekalian rasanya akan terbayar dengan perjalanan yang tidak jauh dari akses Tol Ciujung. Dan pastikan juga kelengkapan seperti senter kepala, dan safety lainnya juga ya.

Source https://serangbackpacker69.wordpress.com https://serangbackpacker69.wordpress.com/2017/09/20/gua-cilayang-tersembunyi-dan-tak-tersakiti/
Comments
Loading...