Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-9Hd1wE.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Sejarah Goa Lowo di Ponorogo

0 157

Goa Lowo

Goa Lowo merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Ponorogo memang di bawah bukit Goa Lowo ini masih terasa sangat asri. Anda tidak akan bisa melihat Goa Lowo ini dari depan, sebab terhalang oleh banyak kayu berukuran besar. Ia memiliki bentuk yang eksotis, meskipun ukurannya cenderung melebar dan tidak terlalu dalam.

Sehingga sepertinya tidak mengapa jika goa ini dikatakan sebagai ceruk besar. Di Goa Lowo ini begitu banyak ditemukan berbagai tulang-belulang dari manusia purba sebagaimana yang ditemukan di daerah Trinil, Kabupaten Ngawi dan Wajak di Kabupaten Tulungagung. Sehingga tidak heran jika lokasi obyek wisata ini sering dijadikan lokasi penelitian bagi para mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Keindahan Goa Lowo

Goa Lowo mempunyai tinggi langit-langit sekitar 11 m, panjang 26 m da lebar 27 m. Goa ini terbagi menjadi 4 ruangan yaitu: ruang semedi, ruang raja rahman senduk, ruang kursi batu dan ruang batu candi. Setiap ruangan di goa ini memiliki sejarah masing-masing. Di situlah para mahasiswa melakukan penelitian meliputi penggalian tanah untuk melihat sedimentasi tanahnya dan serpihan tulang. Sebelumnya di setiap ruangan ditemukan banyak tulang-belulang manusia purba.

Bahkan di halaman goa juga masih ditemukan banyak serpihan atau kepingan tulang-tulang dari manusia purba. Menurut Peneliti Belanda, dahulu manusia purba tersebut memang ada yang dituakan sehingga tulangnya terdapat di dalam gua. Sementara penjaga (pengikut) atau prajurit berada di halaman gua. Dr. Van Stein Callenfels pernah meneliti Goa Lowo yang bernilai arkeologis tinggi ini pernah melakukan penelitian pada 1928-1931. Hasil kesimpulannya, Goa cantik menawan ini tergolong Abris Sous Roche. Yang berarti goa sebagai tempat tinggal dan berlindung para manusia purba di jaman Mesolithikum dari binatang buas dan perubahan cuaca.

Rute Menuju Goa Lowo

Untuk anda yang tertarik mengunjungi Goa Lowo ini anda bisa menuju lokasinya di hutan jati di Dusun Boworejo, Desa Sampung, kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Jika dari pusat kota jaraknya hanya sekitar 25 km. Lokasi Goa Lowo ini berada di sekitar 1 km dari jalan raya Sampung. Memang ketika memasuki obyek wisata ini anda belum bisa menemukan gerbang masuk. Anda hanya dituntut jeli dan fokus untuk melihat papan petunjuk jalan supaya bisa tiba di Obyek Wisata ini. Goa ini terbentuk oleh cerukan dari bukit kapur yang terletak di tengah hutan jati yang dikelola oleh RPH Tulung, BKPH Sumoroto, dan KPH Madiun.

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/goa-lowo-sampung.html
Comments
Loading...