Keindahan Wisata Sejarah Goa Kiskendo Kulon Progo

0 31

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo merupakan goa yang terletak di Kulonprogo, Jogja dengan pesona goa yang dibalut dengan kisah pewayangan Subali dan Sugriwa. Goa Kiskendo sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai cerita pewayangan. Terdapat sebuah cerita, yang dipercaya mengiringi perjalanan goa ini. Menawarkan berbagai keindahan yang terletak pada ornamen-ornamen cantik, serta stalakmit dan stalaktit yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Kekayaan serta keanekaragaman ornamen ini menjadi magnet tersendiri dari goa ini.

Keindahan Goa Kiskendo

Goa Kiskendo dapat menjadi alternatif destinasi berliburmu selanjutnya. Tak hanya memiliki keindahan pada ornamen serta stalaktit dan stalakmitnya, tempat ini juga menawarkan kisah pewayangan yang menarik untuk disimak. Kamu dapat menyusuri setiap sudut goa yang terjadi akibat fenomena geologis tersebut. Terdapat ruang-ruang didalam goa yang bisa kamu nikmati. Ruangan tersebut memiliki nama dan mempunyai cerita tersendiri yang akan dijelaskan oleh pemandu wisata setempat. Keindahan bebatuan yang ada didalam goa juga menjadi daya tarik tersendir bagi para wisatawan.

Fasilitas Goa Kiskendo

Fasilitas yang terdapat pada lokasi wisata goa ini terbilang cukup lengkap. Terdapat lahan parkir, toilet, rumah joglo, serta taman bermain anak-anak lengkap dengan permainannya. Setelah lelah menyusuri keindahan Goa Kiskendo, wisatawan dapat bersantai sejenak di rumah joglo tersebut.

Tak hanya itu, di sini juga terdapat camping ground yang sediakan pengelola setempat. Lahan yang cukup luas tersebut sering digunakan untuk kegiatan berkemah. Juga terdapat fasilitas outbond yang letaknya tak jauh dari lokasi goa.

Akses Menuju Goa Kiskendo

Lokasi dari goa ini terletak pada Jalan Goa Kiskendo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi goa, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 33 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Jogja. Lokasi dari goa juga tak jauh dengan Goa Kidang Kencana dan Curug Grojogan Sewu. Untuk menuju lokasi, jika dari pusat Kota Jogja wisatawan dapat mengambil rute melalui Jalan Godean lalu menuju ke Jalan Goa Kiskendo. Akses pun terbilang cukup mudah, terdapat petunjuk arah yang memudahkan wisatawan untuk mencapai lokasi wisata. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tak perlu khawatir, karena jalan dalam kondisi baik dan dapat dilalui mobil pribadi. Untuk memasuki kawasan wisata Goa Kiskendo, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 per orang.

Source https://www.tempat.co.id https://www.tempat.co.id/wisata/Goa-Kiskendo?6671
Comments
Loading...