Keindahan Wisata Sejarah Candi Kedaton Probolinggo

0 153

Wisata Candi Kedaton

Candi Kedaton, merupakan salah satu wisata sejarah yangt terletak di Dusun Kedaton, Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, berada di lereng gunung Argopuro yang tempatnya juga berdekatan dengan tempat wisata Danau Ranu Agung atau 60 Km dari pusat kota Probolinggo.

Candi ini terbuat dari batuan andesit, meski bangunan candi ini hanya tersisa bagian kaki dan baturnya saja, tapi tempat ini menjadi bukti sejarah peninggalan masa kerajaan Majapahit, yang terlihat dari gambaran relief yang terukir di dinding candi. Candi Kedaton ini berdiri dilahan seluas 50 meter persegi dengan luas bangunan 6 meter persegi dan lingkungan sekitar adalah perkebunan kopi sehingga terlihat begitu asri dan sejuk karena berada di tempat yang agak tinggi di 600 Mdpl.

Candi Kedaton adalah salah satu candi unik yang terbuat dari batu Andesit. Candi ini dibangun sekitar akhir abad XIV dengan bentuk yang unik dan pemandangan yang indah di sekitarnya. Candi Kedaton terletak di 60 km ke selatan dari Probolinggo, tepatnya di dusun Lawang Kedaton, Desa Andungbiru, kecamatan Tiris. Candi Kedaton merupakan candi Hindu, yang berukuran 6 meter persegi dan memiliki tahun yang tertulis di tangga nya, sekitar 1292 Saka (1370 Masehi). Candi Kedaton memiliki 33 relief di kaki candi. Selain cerita tentang Garudeya, terdapat pula beberapa relief yang tertulis seperti, Arjunawiwaha dan Bhomakwya.

Source http://www.eastjava.com http://www.eastjava.com/tourism/probolinggo/ina/kedaton-temple.html
Comments
Loading...