Keindahan Wisata Rumah Pohon Batudawa Bali

0 39

Rumah Pohon Batudawa

Rumah Pohon Batudawa merupakan salah satu wisata alam yang berada di Desa Batudawa, Kecamatan Kubu, Kab. Karangasem, Bali. Kalau perjalanan dari Denpasar butuh sekitar 3 jam berkendaraan, akses ke Rumah Pohon Batudawa berada pada lintas kabupaten Karangasem – Buleleng, tepat pada jurusan menuju ke arah Tukad Abu ada papan nama yang menunjukkan ke objek wisata tersebut, spot ini begitu terkenal di wilayah Kubu, jika kehilangan arah tanyalah pada penduduk setempat, mereka akan senang hati akan memberitahu keberadaannya.

   

Rumah pohon ini suda ada sejak lama, seiring dengan berkembangnya industri pariwisata di kawasan Bali Timur, terutama Tulamben dan Amed, maka tempat ini dijadikan agenda tujuan tour oleh sejumlah wisatawan yang menginap di Bali Timur, warga lokalpun memanfaatkan tempat rekreasi ini sebagi tempat bersantai, apalagi saat-saat liburan hari raya, objek wisata di Bali ini banyak dikunjungi, sehingga sampai sekarang ini tempat ini menjadi terkenal.

Namanya saja Rumah Pohon, maka sebuah rumah akan bisa anda jadikan untuk bersantai, tapi jangan berpikir rumah tersebut lengkap dengan segalanya, tempatnya kerkisaran 9 meter persegi ada beberapa buah kursi yang bisa anda gunakan untuk bersantai menikmati alam asri sekitarnya, dari sini anda bisa menyaksikan keindahan gunung Agung dengan maksimal, gunung Agung merupakan sebuah gunung tertinggi di Bali, merupakan gunung berapi aktif yang pernah memuntahkan laharnya pada tahun 1963, dan sekarang Gunung Agung menjadi tujuan trekkinh  mendaki yang populer di Bali.

Terdapat dua buah rumah pohon, dengan menaiki tangga anda bisa mencapai rumah ini, selain Gunung Agung, kawasan sekitarnya seperti perkebunan penduduk, sungai yang mengering dan taman indah disekitarnya menjadi latar belakang menarik jika anda bisa mengabadikan dengan berpoto. Ada juga sebuah stupa terlihat unik, anda bisa naik sampai ke puncaknya, kolam ikan juga bisa menghibur, seolah mengurangi kesan kalau wilayah ini rentan dengan kekeringan.

Kawasan wisata di Rumah Pohon ini memiliki fasiltas lengkap seperti parkir, toilet, cafetaria serta sejumlah duduk dan gazebo tempat bersantai sambil menikmati pemandangan taman dan gunung, sehingga para pengunjung merasa betah berlama-lama. Jika anda berencana melakukan perjalanan tour dengan tujuan Rumah Pohon, sejumlah objek wisata lainnya bisa anda kunjungi seperti Tulamben karena letaknya berdekatan, kemudian pantai Amed, Tirtagangga dan air terjun Les (Yeh Mampeh), anda bisa paketkan ke berbagai tempat tersebut dalam perjalanan tour sehari penuh.

Orang sering menyebut Rumah Pohon yang terletak di desa Batudawa ini juga dengan nama Rumah Pohon Tukad Abu, karena dari desa Tukad Abu ini, anda masuk lagi melalui perjalanan menanjak sejauh 6.2 km, dengan kondisi jalanan yang tidak begitu bagus namun bisa dijangkau dengan sepeda motor dan mobil. Datang ke sini saat musim-musim semi, saat dipengujung musim penghujan, tumbuhan sekitarnya akan terlihat hijau bersemi, sehingga suasana akan lebih hijau alami dan menyenangkan.

Source http://www.balitoursclub.com http://www.balitoursclub.com/berita_478_Rumah_Pohon_Batudawa.html
Comments
Loading...